Manfaat Bahan - Bahan Alami untuk Mengusir Semut


Manfaat Bahan-Bahan Alami untuk Mengusir Semut
Serbuan pasukan semut di rumah sering mengacaukan banyak urusan rumah tangga. Jadwal makan bisa terganggu karena masakan dikerubuti semut sehingga tidak bisa dikonsumsi atau harus dipilah-pilah untuk menyingkirkan semut-semut nakal. Bahkan, tanpa sumber yang jelas pun semut-semut sering tampak berjalan membentuk barisan panjang tanpa henti di dinding dan merusak pemandangan. Celah-celah di dinding dan lantai sering menjadi asal atau tujuan gerombolan semut yang memiliki sarang di dalamnya. Anda tentu bisa memakai pestisida untuk membasmi semut di lokasi-lokasi seperti ini, namun untuk mengusir semut di sekitar makanan, pemakaian pestisida harus dihindari. Beberapa bahan alami berikut ini yang bisa menjadi alternatif pencegah semut.

Jeruk lemon atau jeruk nipis
Zat asam di dalam perasan jeruk lemon atau jeruk nipis murni bisa mengacaukan indra semut. Cukup percikkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis tanpa campuran air di sekeliling makanan yang ingin dilindungi atau di sekitar celah pada dinding dan lantai yang menjadi sumber kawanan semut.

Kayu manis
Serbuk atau minyak esensial kayu manis mampu mengusir semut. Anda juga bisa mencampurnya dengan cengkeh. Taburkan serbuk atau semprotkan minyak kayu manis untuk membuat garis penghalang, misalnya di pintu, jendela, celah antara dinding dan atap dapur.

Cuka
Cuka putih menjadi bahan alternatif untuk bersih-bersih rumah. Gunakan larutan air dan cuka untuk mengepel lantai dan mengelap meja dapur. Selain membunuh kuman, cuka juga mampu mengusir semut sehingga tidak ada lagi iring-iringan semut di lantai. Simak metode membersihkan bagian-bagian rumah dan perabotan rumah tangga menggunakan cuka di situs-situs yang dapat dipercaya. Guna mendapatkan solusi yang lebih jitu, temukan sarang semut di celah tembok atau lantai, lalu kucurkan cuka murni langsung ke dalam celah tersebut untuk mengobrak-abrik sarangnya dan mengacaukan indra mereka. Cukup pakai cuka yang murah meriah.

Waspadai Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi


Waspadai Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi -
Jika sedang begadang di temani secangkir kopi hangat dan beberapa camilan pasti sangat menyenangkan dan sangat pas sekali sebagai teman untuk menghabiskan malam bersama - sama teman nongkrong. Karena dengan minum kopi bisa membuat kita terjaga semalaman alias tidak mengantuk dan tahan melek sepanjang malam. Walaupun tidak hanya sebagai teman begadang saja, kopi juga kerap kali di sajikan di pagi hari untuk kaum adam sebelum bekerja, umumnya sih yang sudah bapak – bapak. Namun tidak menutup kemungkinan anak kecil pun suka mengkonsumsi kopi setiap hari. Karena saat ini banyak sekali produk kopi sachet yang siap saji dengan hanya menambahkan air panas saja. Minum kopi selain dapat menghangatkan tubuh ketika begadang, ternyata bisa menimbulkan candu seperti halnya merokok. Bahkan ada salah satu teman saya, yang tidak bisa tidak minum kopi sehari saja. Katanya kalau belum minum kopi, kepalanya terasa berat dan pusing. Kok bisa begitu ya ? enak karna sugesti saja atau memang kopi memiliki efek samping ya ? di dalam agama sendiri kita kan dilarang untuk berlebihan dalam segala sesuatu, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Dan mungkin termasuk juga dalam mengkonsumsi kopi. Nah kira – kira apa sajakah efek samping dari kopi ? berikut pembahasannya..

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut


Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Mulut -
Sering kali kita mendengar istilah “Mulutmu Harimaumu” namun kali ini istilah yang tepat menjadi Mulutmu bau Nagamu” hahahaha.. ya begitulah sob.. karena memang mulut kita kerap kali mengeluarkan bau tak sedap yang sering diplesetkan menjadi bau naga.. walaupun agak kurang paham juga sih kenapa kok naga ? padahal kan naga mengeluarkan api dari mulutnya bukan bau ya ? ahh entahlah... malah jadi bahas naga..

Tapi saya yakin, bagi anda yang sedang membaca artikel ini kemungkinan anda sedang mengalami masalah dengan bau mulut. Karena memang tidak bisa di pungkiri hampir semua orang pernah mengalami hal ini. Dan ketika sedang mengalami bau mulut pasti akan sangat mengganggu apalagi ketika kita sedang mengobrol dengan orang lain atau bahkan sedang mengobrol dengan seseorang yang spesial. Pasti hal tersebut sangat membuat tidak nyaman. Sebenarnya dengan hanya mengosok gigi itu tidak cukup loh kawan. Karena biasanya juga bau mulut itu disebabkan oleh banyak faktor dan kerap kali dikaitkan dengan masalah pencernaan. Nah untuk lebih jelasnya ayo kita simak beberapa informasi di bawah ini :

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan




Manfaat dan Khasiat Jeruk Untuk Kesehatan -
Sudah dari sejak dulu orang telah mempercayai bahwa buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, bahkan banyak sekali orang yang menyarankan untuk mengkonsumsi secara rutin buah jeruk untuk menjaga stamina tubuh karena memang jeruk banyak mengandung vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Jadi jeruk ternyata tidak hanya menyegarkan dan enak saja tetepi dibalik rasa manis yang kadang keasaman itu ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Kenapa jeruk kaya akan manfaat untuk kesehatan ? tentu kuncinya ada di dalam kandungan yang terdapat di dalam buah jeruk. Dan apa sajakah kandungan gizi / nutrisi yang terdapat di dalam jeruk ? untuk mengetahui jawabannya mari kita simak informasi di bawah ini.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lidah Buaya / Aloe Vera


Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan -
Mendengar namanya saja pasti sepintas akan membuat bulu kuduk kita berdiri, karena yang terbayang ialah lidah dari hewan predator yang sangat ganas dengan gigi yang tajam.. walaupun sebenarnya lidah buaya itu tidak seperti lidah kebanyakan hewan yang bisa di julurkan. Lidah pada buaya menempel di sepanjang mulutnya. Jadi terkesan seperti tidak memilki lidah. Tapi tunggu dulu kawan, lidah buaya yang kita bahas kali ini bukan lidahnya si buaya.. tapi salah satu jenis tanaman yang bernama lidah buaya. Mungkin kenapa diberi nama seperti itu dikarena bentuk daunnya yang tebal dan seperti bergerigi layaknya mulut buaya... hehehe. Umumnya kita sering mendengar lidah buaya banyak di manfaatkan sebagai obat alami penyehat rambut dan Penghilang Ketombe. Dan memang banyak terbukti kebenarannya.. makanya banyak produk sampo yang mencantumkan nama tanaman ini di produk samponya. Tapi sebenarnya pemanfaatan lidah buaya / Aloe Vera ini tidak sebatas pada penyehat rambut dan Penghilang Ketombe saja loh kawan. Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar atau mencicipi minuman berbahan baku lidah buaya ? kalau untuk admin sendiri sih belum pernah mencobanya, tapi admin pernah mendengarnya. Lalu sebenarnya apa sajakah manfaat yang terkandung di dalam lidah buaya ? untuk lebih jelasnya mari kita simak informasi berikut ini.

Manfaat dan Khasiat Benalu Untuk Kesehatan


Bagi anda yang dulu masa kecilnya di kampung pasti sangat familiar dengan buah benalu ini.. maklum admin juga lahir dan besar di kampung, jadi sangat akrab dengan buah ini. Sebab sewaktu masih kecil, admin hobi banget mencari buah benalu yang rasanya manis tapi agak lengket kaya lem.. hehe. Biasanya sih admin mencari buah ini ketika admin sedang mencari buah yang lain, seperti mangga, jambu, sirsak, nangka dan lain – lain. Maklum lah, benalu kan termasuk tanaman parasit yang numpang hidup di pohon lain. Jadi istilahnya tuh klo cari benalu “sambil menyelam minum air” jadi dapat buah utamanya seperti mangga, jambu, alpukat, dan lainnya plus dapet bonus buah benalu. Tapi terkadang tanaman benalu sangat mengganggu tanaman utamanya. Karena admin punya pohon mangga yang terdapat pohon benalunya, jadi kalau dibiarkan akan mengganggu pertumbuhan pohon mangga sebab si tanaman benalu kan mengambil nutrisi dari pohon inangnya. Jadi kalau sobat punya pohon buah yang terdapat benalunya harus rutin membersihkannya. Benalu terkadang memang sangat merugikan karena sifat parasitnya. Tapi belakangan ini ada beberapa informasi  mengejutkan yang admin dapat seputar tanamanbenalu, ternyata tanaman benalu sangat baik untuk kesehatan bahkan ampuh untuk mengobati berbagai penyakit.. wah benarkan itu... agak ragu sih.. tapi ada beberapa teman yang menanyakan kepada saya “ eh,, di kampungmu banyak pohonbenalu ga ?” benalu ?..  (tanya saya), buat apa emang ? (tambah saya). Buat obat.. (teman saya menjawab). Wah emang bisa ya untuk obat ? (tanya saya), iya (teman saya Menjawab). Nah akhirnya penasaran juga admin dengan si benalu ini. Akhir admin tanya dengan mbah google. Dan berikut beberapa informasi yang admin dapatkan dari mbah google.

Kandungan Gizi, Manfaat dan Khasiat Yogurt Untuk Kesehatan


Makanan satu ini memang bukan makanan asli indonesia, dan mungkin tidak banyak juga masyarakat indonesia yang mengetahui dan mengkonsumsinya. Mungkin sebagian besar yang mengkonsumsinya ialah masyarakat yang tinggal di perkotaan. Sebab yoghurt hanya tersedia di tempat – tempat tertentu saja. Padahal  sebenarnya yogurt ini sangat baik jika dikonsumsi untuk kesehatan kita. Tapi tahukah anda, bahwa sebenarnya di salah satu wilayah indonesia yaitu daerah minang Sumatera Barat terdapat satu jenis makanan yang mirip dengan yogurt yaitu dadiah yang berbahan baku susu kerbau, berbeda dengan yogurt yang berasal dari susu sapi. Dadiah / Dadih merupakan makanan yang berasal dari susu kerbau yang di fermentasi  di dalam sebuah bambu. Wah.. indonesia memang kaya akan kuliner ya sobat.. admin jadi kepengen nih nyobain dadiah khas sumatera barat tersebut.

Kembali lagi ke pembahasan yogurt, kenapa ya kok yogurt baik untuk kesehatan ? mungkin karena memang berasal dari bahan baku yang sehat pula yaitu susu. Selain itu juga mungkin karena proses fermentasinya yang menghasilkan zat gizi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. Lalu kira-kira apa saja kandungan gizi atau nutrisi didalam yogurt ? sebelum admin uraikan mari kita perdalam lagi pengetahuan kita mengenai si yogurt ini.

Teknik dan Cara Budidaya Jamur Tiram


Jamur merupakan salah satu makanan favorit admin nih, hampir semua jenis jamur konsumsi admin suka. Apalagi kalau di kampung lagi musim hujan, bakal banyak jenis jamur bermunculan. Ada jamur mangkok, jamur grigit, jamur putih ( jamur gajih biasanya di sebut di kampung ), jamur monyet / jamur alot, jamur kuping, jamur pentol ( biasa disebut jamur merang ) dan masih banyak lagi jenis jamur lain yang banyak di temui di kampung admin. Walaupun saat ini sudah sangat jarang ditemui. Mungkin salah satu faktornya ialah beralihnya lahan sawit menjadi lahan pohon karet. Sebab seperti jamur mangkok dan jamur pentol lebih banyak ditemui di pelepah dan bantang pohon sawit yang membusuk. Haduh kok jadi ngebahas jamur di kampung admin nih.. hehe. Intinya sih jamur memang sangat lezat bahkan banyak yang mengolahnya sebagai pengganti daging, karena jamur rendah kolesterol dan rasanya yang tidak jauh seperti daging pada umumnya. Karena jamur ketika diolah akan mengeluarkan rasa gurih alami seperti halnya daging. Nah pada kesempatan kali ini admin akan share tentang cara membudidayakan jamur, khususnya jamur tiram. Karena jika mengambil dari alam langsung akan sangat sulit, sebab biasanya musim musiman dan belum tentu banyak dan bagus kualitasnya. Karena seperti yang kita ketahui jamur tidak bisa bertahan lama, jamur akan cepat membusuk jika di biarkan saja. Dan tentu dengan dibudidaya akan menghasilkan keuntungan jika di jual nantinya ketika panen.

Prospek usaha jamur memang sangat bangus, ini dikarenakan permintaan jamur dipasaran yang tinggi dan stabil, contohnya permintaan akan jamur tiram. Sebab selain dimasak untuk teman makan nasi. Jamur Tiram juga kerap diolah menjadi cemilan yang biasanya di jual oleh pedangan kaki lima. Yups, jamur crispi dengan bahan baku jamur tiram dan tepung yang banyak sekali peminatnya. Nah daripada berpanjang kali lebar, berikut admin share cara membudidayakan jamur tiram. Namun sebelumnya mari kita pelajari apa itu jamur tiram.. berikut pembahasannya :

Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia / Sulit Tidur Serta Bahayanya Bagi Kesehatan


Penyakit sulit tidur atau bahasa kerennya insomnia memang kerap kali menjangkiti orang – orang dewasa khususnya pria, walaupun mereka yang remaja pun ada juga yang mengalami hal ini. Kenapa kaum pria ? karena biasanya rutinitas kaum pria lebih padat dan banyak ketimbang wanita. Dan beban pikiran kaum pria lebih besar juga dari wanita. Karena kan pria kepala keluarga sehingga beranggung jawab atas rumah tangga dan pekerjaan. Dan kebanyakan pria – pria suka bekerja melebihi jam kerja atau biasa disebut lembur hingga larut malam sehingga menjadi kebiasaan setiap harinya. Jadi ketika tak ada lebur pun akan sulit tidur lebih awal.. menurut admin sih seperti itu.. karena admin pun kerap kali sulit tidur karena kebiasaan kerja hingga larut malam. Atau biasanya pria emang suka begadang, seperti nonton bola tengah malam, atau sekedar kumpul dan ngobrol dengan teman – teman atau tetangga hingga larut malam. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya insomnia atau sulit tidur itu bukan suatu penyakit melainkan suatu gangguan tidur. Nah untuk lebih jelasnya admin paparkan informasi yang admin dapatkan dari berbagai sumber.

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Tetap Optimal


Mesin cuci Anda juga perlu kasih sayang agar tidak mogok kerja. Bayangkan kerja keras mesin cuci dalam membantu rumah tangga Anda membersihkan bertumpuk-tumpuk pakaian kotor dan berbau dalam waktu singkat serta menghilangkan banyak noda tanpa perlu disikat atau dikucek dengan tangan. Seperti perangkat rumah tangga lainnya, mesin cuci juga perlu perawatan teratur agar tetap berfungsi optimal dan tidak malah menjadi sumber masalah. Jamur pada pintu mesin cuci bukaan depan dan hasil cucian yang berbau adalah beberapa masalah yang bisa timbul jika Anda lalai membersihkan mesin cuci.

Sisa-sisa deterjen yang tertumpuk di dasar mesin cuci dan kotoran yang tersangkut di area-area tersembunyi berpotensi menyumbat saluran air dalam mesin cuci. Kesadahan air memperparah kondisi ini dengan menyebarkan kerak kapur pada hampir seluruh permukaan dalam mesin cuci.

Jalankan Siklus Pemeliharaan 

Mesin cuci yang bagus menyediakan siklus pemeliharaan (maintenance cycle) pada salah satu fiturnya. Jalankan fitur ini berdasarkan petunjuk pada deterjen yang Anda gunakan atau mengikuti petunjuk perawatan mesin cuci. Sebagian besar produsen menyarankan siklus pemeliharaan dijalankan sebulan sekali, namun ini tergantung pada beban penggunaan masing-masing mesin cuci.

Sesuai namanya, siklus pemeliharaan berfungsi untuk membersihkan mesin cuci, bukan untuk mencuci pakaian. Sangat penting diperhatikan bahwa untuk mengoperasikan siklus ini, mesin cuci harus dalam keadaan kosong sehingga deterjen akan fokus membersihkan bagian-bagian mesin cuci, termasuk menghancurkan timbunan kerak kapur. Gunakan deterjen yang mengandung pemutih karena komponen pemutih inilah yang merupakan bagian terpenting dalam menjalankan siklus pemeliharaan untuk menyerang bakteri-bakteri. Pilih suhu air minimal 60 derajat Celcius untuk fungsi ini.

Manfaat dan Khasiat Sarang Walet Untuk Kesehatan


Hewan satu ini merupakan salah satu hewan yang banyak memberikan manfaat kepada kita manusia, karena hewan satu ini dapat menghasilkan sesuatu yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Yups apalagi kalau bukan sarang walet, sungguh menakjubkan sekali ya tuhan menciptakan hewan satu ini.. Dari apa yang burungwalet buat yaitu sarangnya saja bisa memberikan manfaat kepada kita manusia. Jadi sepatutnya kita manusia yang dibekali akal harusnya bisa dapat lebih menghasilkan manfaat ketimbang hewan / binatang. . hehehe..  Tapi tahukan anda bahwa sebenarnya sarang yang dibuat oleh burung walet itu terbuat dari air liur burung walet itu sendiri .. walaupun terdengar agak jijik sih.. tapi toh nyatanya banyak orang berbondong-bondong mengincar sarang burung walet itu. Selain harganya yang mahal sarang burung walet ini kaya akan manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Walaupun agak kasiahan juga kalau sarangnya diambil oleh manusia terus menerus.. sebabkan sarang itu seperti halnya rumah untuk tempat tinggal sih burung tersebut.. sehingga harus tetap bijak juga dalam pemanfaatan dan pengambilan si sarang walet ini.

Kandungan, Manfaat dan Khasiat Daun Dewa


Ketika mendengar nama daun dewa mungkin akan ada banyak orang yang akan menjawab belum pernah mengetahui atau melihatnya.. karena memang mungkin orang – orang lebih familiar dengan tanaman mahkota dewa yang memang lebih trend dan legendaris ketimbang tanaman daun dewa.. atau bisa juga orang – orang sering melihat tanaman ini namun tidak mengetahui bahwa tanaman tersebut adalah tanaman daun dewa. Padahal tanaman daun dewa itu tidak kalah berkhasiat loh kawan ketimbang tanaman mahkota dewa yang sering dibicarakan orang. Dan daun dewa ini juga bisa diolah menjadi ramuan teh herbal seperti halnya tanaman rosella yang biasa disebut juga dengan teh merah. Walaupun tetap saja daun dewa masih kalah pamor alias kalah terkenal di banding Mahkota Dewa dan Rosella. Untuk itulah disini admin mencoba mengupas tuntas mengenai tanaman daun dewa ini, baik secara kandungan maupun khasiatnya.. sehingga tanaman satu ini tidak di anggap sebelah mata dan justru bisa menjadi salah satu pilihan obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Oke langsung saja kita kupas tuntas mengenai fakta – fakta dari daun dewa ini :

Ciri - Ciri, Gejala, Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Jantung


Jantung memang merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh manusia bahkan bisa dikatakan sangatlah vital keberadaannya di tubuh kita. Bayangkan jika fungsi jantung sedikit saja terganggu ? pasti akan mempengaruhi fungsi dan kerja organ lain. Karena seperti yang kita ketahui jantung berfungsi memompakan darah keseluruh tubuh, dimana darah itu sendiri membawa sari – sari / nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan organ – organ di dalam tubuh kita. Itu sebabnya jika kita mengalami gangguan fungsi jantung, kita akan mudah cepat lelah. Lalu bagaimanakah cara mengetahui jantung kita normal atau tidak atau bahkan apakah kita memiliki penyakit jantung ? sebenarnya hampir semua gangguan kesehatan / penyakit memiliki gejala – gejala yang dapat kita ketahui baik secara kasap mata atau bisa di lihat secara fisik atau harus melalui pemeriksaan secara lebih mendalam.. bisanya sih dengan cara langsung konsultasi dan pemeriksaan dengan seorang dokter. Nah kira-kira apa saja ciri – ciri / gejala dari penyakit jantung ? untuk itu kita simak informasi yang telah admin rangkum di bawah ini :

Manfaat dan Khasiat Ciplukan Untuk Kesehatan


Dulu ketika admin masih kecil, admin demen banget ne nyari ne buah di kebun, karena memang ciplukan / ceplukan banyak tumbuh liar di kebun dan hutan. Rasanya lumayan enak dan manis, walaupun pernah sih saking banyak banget pohon dan buahnya admin sampai lupa daratan, admin makan terlalu banyak ne buah ampe mual – mual perut.. hehe maklum dulu masih kecil, apapun yang enak dan menyenangkan pasti akan di sikat habis, terlepas baik atau tidaknya untuk tubuh kita.. ya kan namanya juga masih anak – anak J..  masih belum bisa berfikir panjang.. namun akibat kejadian tersebut admin menjadi trauma dan berusaha untuk tidak makan terlalu banyak lagi buah ciplukan.. hehe. 

Namun belakangan ini ada beberapa teman dan saudara yang menanyakan kepada saya “di kampungmu masih ada pohon ciplukan ga ?” ciplukan ? buat apa pohon ciplukan ? mau di tanam di rumah ya ? (tanya saya karena memang ga tau untuk apa tujuannya menanyakan pahon ciplukan). “Buat obat” (jawabnya), emang bisa tah untuk obat ? untuk obat apa itu ? (tanya saya lagi). Ada yg menjawab bla bla bla,, ada yang menjawab yang lainnya juga. Wah benarkah pohon ciplukan sehebat itu.. bisa untuk mengobati beberapa penyakit. Karena sangking penasarannya, akhirnya admin cari tahu mengenai kebenarnya di internet.. nah berikut beberapa informasi yang berhasil admin dapat dari internet. Tapi bagi anda yang belum tahu apa itu ciplukan, simak informasi dibawah ini terlebih dahulu ya..

Kandungan, Manfaat dan Khasiat Kencur Untuk Kesehatan


Kalau setiap mendengar kata kencur, admin jadi selalu ingat dengan salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang menggunakan kencur sebagai salah satu bumbunya. Hayo.. kira – kira makanan apa ya yang admin maksud ? itu loh,, salad sayurannya Indonesia.. yups, “Pecel”, “Karedok” dan beberapa jenis makanan lain yang serupa dengan Karedok memang wajib menggunakan kencur sebagai bumbu pelengkapnya. Karena dengan menambahkan kencur bisa meningkatkan aroma dan cita rasa dari makanan tersebut, dan tentunya akan membuat makanan tersebut menjadi terasa lebih segar. Namun tidak hanya untuk makanan loh kawan, kencur juga kerap kali dijadikan minuman seperti jamu dan lain – lain. Pernah mendengar jamu beras kencur ? ya pastilah tahu dengan jamu yang satu ini.. karena para pedagang jamu keliling biasanya wajib menyediakan menu jamu beras kencur ini. Nah.. berarti banyak juga manfaat dari si kencur ini ya.. apalagi jika diolah menjadi jamu, pasti kaya akan manfaat dan khasiat tuh buat kesehatan kita. Nah agar lebih jelasnya mari kita coba membongkar rahasia di balik tanaman kencur ini.

Manfaat dan Khasiat Brotowali untuk Kesehatan

Pernahkah sobat mengetahui atau bahkan melihat tanaman brotowali ini ? atau mungkin pernah meminum jamu tradisional dari tanaman brotowali ini. Bagi anda yang belum tahu, admin kasih bocoran ne.. hal yang tidak akan admin lupa dari tanaman ini ialah pahit yang luar biasa. Karena dulu admin penasaran dengan tanaman ini, kemudian teman admin mengatakan bahwa tanamannya enak, tapi ketika tanaman tersebut sedikit saja menempel di lidah... pahitnya tdak hilang – hilang. Apa lagi kalau minum jamunya ya ? wah ga kebayang pahitnya seperti apa. Dulu sih admin sempat trauma dengan tanaman ini. Tapi ternyata setelah admin baca – baca informasi dan mendengar dari beberapa orang sekitar admin, ternyata tanaman ini sangat bagus untuk kesehatan. Karena kandungan zat yang di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan mampu mengobati berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Seperti biasa sebelum admin menjelaskan mengenai manfaat dan khasiat tersebut. Mari kita coba mengenal tanaman brotowali lebih mendalam. 

Daftar Harga dan Spesifikasi HP Xiaomi Terbaru

Ga tau kenapa belakangan ini hp android satu ini begitu trand dan buming di kalangan anak muda seperti pelajar dan mahasiswa, usut punya usut katanya sih,, hp ini hp nomor satu di negara asalnya yaitu cina. Selain itu kenapa hp ini begitu heboh di kalangan anak muda dikarenakan hp Xiaomi merupakan hp yang terbilang cukup murah dengan fitur dan teknologi yang cukup mumpuni. Oleh sebab itu banyak anak muda yang ingin memiliki hp dengan merk Xiaomi ini. Bahkan hape dengan merk Xiaomi ini telah menjadi perhatian di seluruh dunia, dan bakal menjadi pesaing bagi hp dengan merk kelas atas seperti Samsung, LG, Lenovo dan lain – lain. Walapun sebenarnya hp Xiaomi ini masih sangat asing bagi masyarakat indonesia. Karena memang hp ini belum lama ini terdengar di telinga masyarakat indonesia. Nah dari pada semakin penasaran dengan harga hp Xiaomi ini, maka langsung saja kita cek daftar harga hp Xiaomi terbaru di bawah ini.

Cara Menanam dan Merawat Pohon Jati Yang Baik

Cara Menanam dan Merawat Pohon Jati Yang Baik -
Tanaman Jati atau pohon jati merupakan salah satu tanaman perkebunan yang di tanam dengan tujuan untuk dimanfaatkan kayunya. Jati merupakan tanaman kayu dengan kualitas yang sangat baik dan memiliki harga jual yang sangat tinggi dipasaran. Umumnya kayu jati di manfaatkan untuk bahan baku pembuatan furniture seperti lemari, meja, kursi, alat – alat rumah tangga, dan beberapa juga dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan rumah, karena dengan menambahkan unsur kayu pada dinding, lantai, atap atau yang lainnya akan menimbulkan kesan minimalis natural. Selain itu kayu jati juga terkenal sangat kuat dan tahan lama terhadap cuaca maupun serangga/ binatang pemakan kayu seperti rayap dan lain – lain. Inilah mungkin penyebabnya harga kayu jati dipasaran cukup mahal. Walaupun mahal, permintaan kayu jati di pasaran tetap tinggi, hal ini menyebabkan banyak petani perkebunan berlomba – lomba menanam pohon jati di lahan perkebunannya. Oleh sebab itu kita kerap sekali menjumpai pohon yang satu ini.

Walaupun pohon jati merupakan jenis tanaman kayu yang tidak perlu perawatan khusus untuk bisa hidup, namun kita harus tetap memberikan perawatan-perawatan tertentu agar kayu yang di hasilkan memiliki kualitas yang tinggi. Nah sebelum kita mengetahui perawatan apa saja yang harus dilakukan, mari kita coba untuk mengetahui lebih dalam apa itu tanaman jati.

Manfaat Bunga Rosella dan Cara Membuat Teh Rosella

Teh kini tidak hanya terbuat dari tanaman teh (Camellia sinensis) saja loh kawan, saat ini teh juga dapat dibuat dari bahan baku tanaman – tanaman lain seperti pegagan, daun dewa dan salah satunya bunga rosella. Dan justru teh yang terbuat dari tanaman pegagan, daun dewa , rosella dan yang lain – lain nya ini memiliki manfaat yang tidak kalah dengan tanaman teh. Malah justru lebih berkhasiat dan bermanfaat bagi manusia. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai teh yang terbuat dari bunga rosella.

Rosela,  rosella, asam paya, asam kumbang dan asam susur atau Hisbiscus sabdariffa, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas. Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Ada kalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin. Di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Tak jarang, rosela juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, bubuk biji bunga rosela juga dapat dijadikan campuran minuman kopi. Sumber (http://id.wikipedia.org/wiki/Rosela)

Kandungan dan Manfaat Daun Pegagan

Pernahkah sobat melihat daun yang satu ini ? karena memang daun yang satu ini kerap kali tumbuh liar di pekarangan rumah. Atau mungkin anda tidak menyadari bahwa di pekarangan rumah anda tumbuh tanaman yang satu ini ? padahal jika mengetahuinya, tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang kaya akan manfaat bahkan memiliki banyak khasiat salah satunya untuk meningkatkan kecerdasan otak. Benarkah tamanan pegagan dapat meningkatkan kecerdasan otak ? untuk itu mari kita bahas tanaman yang satu ini.

Daun Pegagan (Centella asiatica ) atau biasa disebut juga dengan nama antanan atau daun kaki kuda, memiliki kandungan kimiawi yang terdiri dari asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.

Kebanyakan pegagan dikonsumsi segar untuk lalapan, tetapi ada yang dikeringkan untuk dijadikan teh, diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krem, salep, obat jerawat, maupun body lotion.

Cara Merawat Resleting Agar Tetap Lancar

Cara Merawat Ritsleting Agar Tetap Lancar

Sepanjang usia setiap manusia modern di bumi ini pasti pernah, paling tidak sekali, berurusan dengan ritsleting, baik itu pada tas, sepatu, lemari, maupun tentu saja pakaian. Tanpa berpikir panjang, ritsleting sering dianggap sepele dan terlupakan, tetapi yakinlah tak seorang pun mau membayangkan dunia tanpa benda kecil ini. Tak berlebihan jika sudah saatnya ritsleting dimasukkan sebagai salah satu maha karya peradaban umat manusia.

Sebelum berbicara tentang cara merawat resleting dan cara mencuci baju yang memiliki ritsleting, ada baiknya kita tengok beberapa fakta sederhana tentang ritsleting untuk memahaminya.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 4 Terbaru



Harga dan Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 4 -
Memiliki gadget yang mumpuni memang merupakan mimpi semua orang, apalagi gadget tersebut merupakan gadget tercanggih dan terbaru. Tentu hal tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Maklumlah, di zaman sekarang seperti saat ini, gadget sudah tidak lagi berfungsi sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Akan tetapi gadget saat ini lebih berfungsi sebagai gaya yang dapat meningkatkan gengsi seseorang. Karena banyak orang yang tidak mau dibilang ketinggalan zaman di era yang serba canggih seperti saat ini. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai gadget yang belum lama ini rilis dan menjadi buah bibir banyak orang, karena memang gadget yang satu ini sudah di tunggu – tunggu oleh banyak orang, yups apalagi kalau bukan Samsung Galaxy Note 4.

Samsung Galaxy Note 4 adalah generasi empat dari samsung galaxy note series. Resmi diperkenalkan di IFA Berlin, Jerman. Samsung Galaxy Note 4 menawarkan spesifikasi yang sangat canggih. Seperti Layar Quad HD , CPU Octacore , RAM 3 GB , dan Kamera 16 MP dengan Optical Image Stabilization.

Berikut merupakan spesifikasi lengkapnya

Mengenal Jenis - Jenis Tas Laptop yang Aman dan Sesuai Gaya

Mengenal Jenis-Jenis Tas Laptop yang Aman dan Sesuai Gaya

Menggendong atau menjinjing tas berisi laptop bukan lagi monopoli orang kantoran berdasi di kota-kota besar. Berbagai kalangan dengan latar belakang ekonomi, usia, dan profesi yang berbeda-beda mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, sopir taksi, desainer, sampai sekadar penggemar game komputer kini memperoleh persamaan hak memiliki dan memakai laptop di mana-mana.

Jika kita lihat semakin banyak orang menggunakan laptop di tempat-tempat umum menandakan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap laptop semakin tinggi. Laptop mulai menemukan fungsi semestinya, yaitu sebagai komputer dengan mobilitas tinggi, berpindah-pindah tempat, dan tidak hanya berdiam di atas meja di rumah.

Ini tidak terlepas dari ketersediaan perlengkapan pengaman laptop, termasuk tas laptop yang tidak hanya memberikan proteksi tetapi juga menjadi aksesori pelengkap penampilan. Apakah Anda ingin tampak profesional, trendi, santai, atau muda bergaya, jenis tas laptop yang sesuai bisa dipilih untuk mendukungnya. Sebagai bonus, kebersihan laptop Anda akan lebih terjaga.

Manfaat, Khasiat dan Kegunaan Minyak Nilam


Tanaman satu ini umumnya di tanam dan dibudidayakan oleh petani di Indonesia, karena tanaman ini dapat menghasilkan minyak atsiri yang menjadi komoditi ekspor bagi Indonesia ke luar negeri. Indonesia adalah negara penghasil minyak nilam nomor satu dunia. Eksportir minyak nilam Indonesia memasok 70% kebutuhan minyak nilam di dunia. Saat ini, satu kilogram minyak nilam di tingkat petani mencapai Rp 400.000,- per kilogram. Bahkan, salah satu jenis minyak atsiri ini pernah menyentuh Rp 1,2 juta per kilogram dipasar local. Tentu hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi petani Indonesia. Minyak nilam adalah salah satu bahan baku untuk parfum, kosmetik, dan sabun.

Untuk menghasilkan minyak nilam, Nilam dipanen pada usia 7-9 bulan, dan bisa dipanen sekali lagi pada 3-4 bulan selanjutnya. Panen dilakukan pada saat bagian bawahnya menguning. Setelah berusia 3 tahun. Panen harus dilakukan pada pagi atau sore hari, karena kalau siang hari, kandungan minyaknya berkurang. Semua cabangnya digunting, terkecuali satu untuk merangsang penumbuhan cabang baru. Setelah dipanen, hendaknya diekringkan dulu. Daun nilam dihamparkan dalam jemuran dan dibolak-balik, sampai 5-8 jam. Daun yang sudah layu, diangin-anginkan di atas rak bambu. Lama pengeringan adalah 3-4 hari. Setelah kering, baru bisa disuling.

Namun mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia hanya mengetahui bahwa tanaman nilam dapat menghasilkan minyak atsiri yang biasa di gunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum, kosmetik dan sabun saja. Padahal masih ada banyak lagi manfaat dan kegunaan tanaman dan minyak nilam ini. Lalu kira – kira apa saja manfaat dan kegunaan yang lain.. mari kita simak dibawah ini :

Teknik dan Cara Okulasi Pohon Mangga

Pernah mendengar istilah okulasi ? istilah ini kerap digunakan di dunia pertanian. Karena okulasi merupakan teknik buatan untuk menghasilkan tanaman yang lebih baik dan unggul. Mungkin bagi yang sudah belajar biologi pasti sedikit – sedikit sudah mengetahui mengenai okulasi ini, atau mungkin sudah ada yang pernah mempraktekannya. Namun bagi anda yang belum tau mengenai teknik okulasi, berikut penjelasannya.

Okulasi (menempel, budding; red) adalah salah satu teknik perbaikan kualitas tanaman secara vegetatif buatan yang dilakukan dengan menempelkan mata tunas dari tanaman yang unggul ke batang tanaman lainnya. Okulasi bertujuan untuk menggabungkan sifat yang baik dari masing-masing tanaman yang diokulasi sehingga mendapatkan varietas tumbuhan yang baik. Prinsip dasar dari okulasi adalah penempelan atau penggabungan batang bawah dengan batang bagian atas.

Okulasi merupakan kebalikan dari metode cangkok. Jika metode cangkok menguliti batang induk sehingga tumbuh batang atau ranting yang baru. Sedangkan okulasi adalah proses menempelkan mata tunas tanaman induk ke bagian batang tumbuhan.

Lalu bagaimanakah cara mempraktekannya ? sebenarnya untuk beberapa jenis tanaman hampir sama cara kerjanya, namun pada kesempatan kali ini akan dipaparkan  bagaimana cara okulasi pada pohon mangga.

Daun Sirsak Sebagai Antikanker


Daun Sirsak Sebagai Obat Antikanker -
Berdasarkan data riset kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan pada 2007 tumor ganas (kanker) penyebab kematian nomor tujuh di Indonesia. Pravalensi tumor ganas berada diurutan keempat setelah stroke, hipertensi, dan diabetes mellitus diantara semua penyakit tidak menular.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melansir data pada 2008 sebanyak 7,6 juta orang di dunia meninggal karena kanker. Sebanyak 70% kasus kematian kanker terjadi di negara dengan tingkat pendapatan rendah atau menengah. Berdasarkan data pada tahun yang sama kasus kanker utama didunia yaitu : paru – paru, payud4r4, usus besar (Colorectum), lambung, dan prostat. Pada tahun 2005 WHO menempatkan kanker sebagai pembunuh nomor 2 dunia setelah penyakit kardiovaskular. Dari tahun ke tahun kasus kanker terus meningkat.

Pedoman Pengendalian Penyakit Kanker yang dirilis Kementerian Kesehatan pada 2007 meyebutkan faktor penyebab kanker antara lain polusi udara dan air, paparan radiasi, sinar matahari, dan zat kimia, infeksi virus, asap rokok, diet dan makanan, hormonal, perilaku, serta genetik. Beberapa studi menyebutkan konsumsi dalam jumlah besar produk lemak hewan, daging merah, dan lemak jenuh lainnya meningkatkan resiko terjadinya kanker kolon dan payud4r4.

Secara medis kanker diatasi antara lain dengan kemoterapi dan operasi pengangkatan. Data WHO menyebutkan 30% kasus kanker bisa dicegah dengan menerapkan cara hidup sehat dan melakukan imunisasi untuk mencegah infeksi penyebab kanker seperti virus penyebab hepatitis B (HBV) dan human papilloma (HPV) penyebab kanker leher r4him.

Tips Hemat Membersihkan Rumah



Tips Hemat Membersihkan Rumah

Kebersihan rumah merupakan syarat utama jika ingin merasa nyaman berlama-lama di rumah dan kesehatan anggota keluarga terjamin.

Namun terkadang kesibukan sering kali membuat kita tidak sempat untuk membersihkan rumah. Selain itu biaya yang dikeluarkan untuk membeli produk-produk pembersih rumah pun cukup menguras kantong. Jangan khawatir, karena ada banyak cara untuk membersihkan rumah yang menghemat waktu, tenaga dan juga biaya karena bahan-bahannya dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Jika Anda mencari solusi dan tips membersihkan rumah yang efektif, begitu banyak informasi yang dapat kita peroleh dari internet, seperti di Bersih Bersih.  Dengan informasi-informasi tersebut, banyak kegiatan membersihkan rumah yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa profesional.

Daftar Menu Takjil Sehat Untuk Buka Puasa



Daftar Menu Takjil Sehat Favorit Saat Bulan Puasa -
Tidak terasa bulan suci Ramadhan telah datang kembali, tentu hal tersebut sudah ditunggu-tunggu dan di sambut oleh sebagian besar umat islam. Karena pada bulan ramadhan terdapat banyak keberkahan didalamnya. Selain ada ibadah yang hanya ada di bulan ramadhan seperti shalat tarawih dan lain-lain. Bulan ramadhan juga mendatangkan keberkahan tersendiri kepada para pedagang.. khususnya pedagang yang menjual menu untuk berbuka puasa. Dan tak jarang akan muncul pedagang musiman dan dadakan yang hanya berjualan disaat bulan ramadhan. Dan herannya walaupun jumlah pedagang makanan dan minuman melonjak hampir di setiap tempat, tapi anehnya pembelinya pun melonjak tajam pula.. bahkan setiap pedangan jualannya akan laris manis terjual, dan hampir pasti ada pembeli yang membeli dagangannya... wah.. memang bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah ya.. hehehe.

Umumnya para pembeli akan mencari makanan / minuman untuk menu berbuka puasa yang biasa disebut juga menu takjil berbuka puasa. Lalu kira – kira menu apa sajakah yang menjadi favorit ya ? tapi alangkah bijaknya jika kita juga tetap memperhatikan menu berbuka puasa kita, apakah sehat ataukah hanya sekedar untuk mengenyangkan perut.. karena sebenarnya puasa itu sendiri pun bisa membuat tubuh kita sehat, jadi menu berbukanya pun harusnya sehat pula.. sehingga tidak mengurangi keberkahan bulan ramadhan. Lalu apa sajakah menu takjil favorit masyarakat Indonesia yang tentunya tetap sehat untuk dikonsumsi.. nah langsung saja kita simak..

Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma bagi Kesehatan


Kandungan Gizi, Manfaat dan Khasiat Buah Kurma -
Puasa memang di yakinin oleh sebagian besar umat islam selain sebagai ibadah namun juga memiliki nilai kesehatan didalamnya dan ini banyak dibuktikan oleh banyak penelitian secara ilmiah. Dan tentunya ibadah puasa yang di lakukan itu sesuai dengan tuntunan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW,, dan salah satu sunah yang dicontohkan oleh Rasulullah ialah berbuka puasa dengan buah kurma. Kenapa kurma ? ada apa dengan buah kurma ? nah untuk mengetahui hal tersebut mari kita coba untuk mengenal lebih jauh buah kurma.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan



Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan -
Buah ini kerap kali kita jumpai digunakan sebagai bahan baku minuman dan sirup. Buah yang sebenarnya lebih terasa asam ketimbang manis ini memang sangat cocok jika dibuat minuman maupun sirup.. walaupun ada sebagian orang yang tidak suka dengan rasa dan aroma buah markisa.. hal ini wajar, karena buah markisa memiliki rasa dan aroma yang tajam seperti halnya buah durian dan buah – buahan yang beraroma tajam lain. Tapi banyak pula yang sangat mengukai rasa dan aromanya yang kuat dari buah markisa ini.. bahkan tidak sedikit produk minuman ringan yang bercita rasa buah markisa.. ya tidak perlu kita sebut merknya.. hehehe.. yang jelas sangat banyak,, dari kemasan bubuk dalam sachet, kaleng, botol dan masih banyak lagi..

Buah markisa konon seperti halnya buah jeruk, memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi,, mungkin karena banyak kemiripan ya dengan buah jeruk... seperti warnanya,, sarinya yg cukup banyak.. dan rasanya yang manis sedikit asam... menurut saya sih.. hehehe.. agar kita lebih mengenal si buah markisa ini,, mari kita simak beberapa informasi mengenai buah markisa ini..

TANSA – Serpihan Puisi ( Lirik dan MP3 )



Baiklah masih mengenai TANSA band, untuk lagu yang kali ini masih tetep bergenre melow, diiringi dengan music yang tidak terlalu rame biar pas sama lagunya, buat kalian yang sayang banget sama pacar, tapi dia ga ngerti pengorbanan apa aja yang udah kalian lakuin buat dia, coba deh denger lagu ini pasti ga nyesel .. Serpihan puisi , kanapa sang Vokalis kasih judul serpihan puisi ?? Ya mungkin kata itu pas banget buat gambarin lagu ini, Karena lagu ini diciptakan oleh Sang Vokalis dari setiap bait - bait puisi yang udah sang Vokalis buat untuk sang mantan yang dulu pernah singgah di hatinya.. hehehe ..  Tujuan diciptakannya lagu ini sih karena sang Vokalis pengen dia tau kalo udah banyak pengorbanan yang udah sang Vokalis lakuin buat dia (“sang mantan”) dan Sang Vokalis takut kehilangan dia walaupun toh kenyataan nya dia tetep pergi. . hehe..

TANSA - Kecewa ( Sebuah Lagu Dari Band Asal Lampung )



Hey ini dia band indie asal bandar lampung, mungkin belum banyak yg tau tentang band TANSA ini makanya admin mau mempromosikan band yang satu ini sekaligus admin mau mempromosikan salah satu lagu yang menurut admin keren abis dah.. pasti ga kan nyesel dengerin lagunya hehehe.. karena ne lagu cocok buat semua pendengar dari berbagai jenis aliran musik tentunya, sebenernya para personil band TANSA ini ga hanya menyukai aliran musik pop aja, jenis aliaran musik lain pun mereka  suka, khusunya untuk sang vokalis sekaligus pencipta lagu band TANSA. Beberapa jenis aliran musik yang mereka sukai diantaranya musik jenis skatpunk, rock alternatife, dan musik-musik cadas sebagainya, tapi gak tau kenapa setiap nyiptain lagu malah melankolis jadi nya hehehe.. ya mungkin inilah naluri yang gak bisa diubah jalannya ( kata sang Vokalis ).. Sebenarnya band ini udah lama terbentuk dari tahun 2007 tapi berhubung ada kendala sehingga break dulu sementara waktu dan sekarang terbentuk lagi dengan nama dan lagu andalan terbaru.. untuk itulah band ini sedang membutuhkan management dan produser  yang bisa memajukan band ini kedepannya. Semoga melalui postingan ini para sahabat permathic bisa mendengarkan lagu2 karya band TANSA ini dan mudah-mudahan anda tertarik dengan lagunya. Hehehe...

Kandungan, Manfaat, dan Khasiat Ginseng Bagi Kesehatan



Manfaat dan Khasiat dibalik Tanaman Gingseng -
Mendengar kata-kata gingseng, pasti yang kebayang ialah film-film Cina dan Korea. Karena memang kita banyak mengetahui tanaman ini ya melalui film-film dan iklan obat – obatan produksi cina dan korea.. bahkan korea sendiri memiliki julukan negeri gingseng. Wah.. seistimewa apakah tanaman gingseng sehingga menjadi julukan untuk sebuah negara.. jadi penasaran..

Ginseng memang telah di manfaatkan oleh masyarakat di kawasan asia pasifik dari sejak zaman dahulu kala.. khususnya negara di kawasan Cina, Korea,  Jepang dan beberapa wilayah asia tenggara. Tanaman ini memang sudah melegenda yang banyak dmanfaatkan sebagai tanaman untuk pengobatan dan kesehatan.

Ginseng (Panax) adalah sejenis terna berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis. Nama "ginseng" diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal Bahasa Kantonis, jên shên, dalam bahasa Mandarin dibaca "ren shen", "人蔘" (duplikat manusia), karena bentuk akar yang menyerupai manusia. (Versi Wikipedia ).

Lalu apakah kandungan yang terdapat pada tanaman gingseng ? sehingga banyak digunakan untuk pengobatan.. nah berikut kandungan secara umum yang terdapat didalam tanaman gingseng :

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal



Cara Ternak Lele di Kolam Terpal / Plastik
Pada postingan sebelumnya, admin telah membahas tentang bagaimana budidaya ikan hias di kolam terpal. Diantaranya ikan guppy, molly, dan lainnya.. nah untuk kesempatan kali ini admin akan mencoba berbagi informasi mengenai bagaimana membudidayakan atau berternak ikan lele di kolam terpal. Dan kenapa lagi-lagi kolam terpal ? karena admin menilai kolam terpal lebih unggul ketimbang kolam tanah maupun kolam semen.. karena lebih mudah dalam pembuatan, lebih mudah dalam perawatan, lebih murah ketimbang harus membuat kolam semen, dan tentunya tidak membutuhkan lahan khusus. Karena bisa dibuat di pekarangan rumah dan bisa di bongkar pasang jika memang dibutuhkan.

Dan ikan lele akan menjadi pembahasan kita kali ini. Dan mengapa lele ? seperti yang kita ketahui bahwa ikan lele memiliki ketahanan yang kuat terhadap penyakit dan kondisi air yang keruh.. sehingga akan lebih mudah diternakan. Selain itu dikarenakan permintaan akan ikan lele dipasaran sangatlah tinggi. Sehingga kita tidak akan menemui kesulitan dalam hal pemasaran.. sebenarnya admin juga sudah pernah membahas mengenai ternak ikan lele ini disini dan juga bisa lihat disini. Kenapa admin sampai berkali-kali memposting tentang ternak lele ? karena ternak lele menurut admin sangat menarik untuk dibahas. Karena ikan satu ini menjadi menu wajib yang harus ada di hampir semua rumah makan khusunya warteg dan penjual pecel lele tentunya.. bahkan penjual pecel lele menjamur dimana mana, alias hampir bisa ditemui dihampir semua tempat. Melihat tingginya kebutuhan akan ikan lele tentu akan menjadikan ternak ikan lele menjadi prospek yang bagus untuk bisnis/usaha.

Cara Budidaya Ikan Hias di Kolam Terpal



Cara Ternak Ikan Guppy, Molly dan Ikan Hias Lainya di Kolam Terpal / Plastik

Indonesia memang surganya flora dan fauna, karena memang keanekaragaman hayati Indonesia sangatlah tinggi. Mungkin ini juga dikarenakan iklim tropis indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa menyebabkan begitu tingginya keanekaragaman hayati Indonesia. Terutama fauna yang hidup di perairan indonesia. Karena seperti yang kita ketahui, luas perairan Indonesia lebih besar daripada luas daratannya.. hal ini menjadikan Indonesia kaya akan fauna airnya.. salah satunya ikan. Jenis ikan yang hidup diperairan Indonesia begitu beranekaragam baik yang hidup di air tawar maupun air laut bahkan beberapa diantaranya merupakan endemik yang hanya hidup di perairan Indonesia. Wah.. makin cinta aja ne ma negeri kita Indonesia..

Membahas masalah ikan Indonesia, pasti yang kebayang ialah ikan hiasnya setelah ikan konsumsi.. karena memang indonesia terkenal juga sebagai pengekspor ikan hias di kawasan asia dan luar asia. Bahkan di daerah jawa barat kita akan banyak menjumpai peternak / pembudidaya ikan hias dari berbagai jenis ikan hias. Kenapa bisnis budidaya ikan hias ini tidak pernah mati malah terus berkembang..?  mungkin salah satunya karena tingginya/banyaknya pencinta ikan hias di indonesia dan di luar negeri sehingga permintaan akan ikan hias tidak pernah berhenti. Dan kenapa harus di budidayakan ? karena jika semua ikan hias di ambil langsung dari alamnya maka dapat mengurangi polulasi dan bahkan bisa menyababkan kepunahan dari jenis ikan tersebut. Oleh sebab itu budidaya merupakan solusi untuk menjaga kelestarian ikan hias tersebut di alam.

Sebenarnya saya sendiri seorang penghobi ikan hias diantaranya ikan cupang, guppy, molly, koki dan beberapa yang lainnya.. berawal hobi memelihara,, eh.. akhirnya saya berfikir kenapa tidak saya budidayakan saja, kan sambil menyelam minum air.. pikir saya.. karena pemeliharan / perkembangbiakan ikan hias itu tidak begitu sulit bahkan untuk jenis – jenis tertentu tidak memerlukan perlakuan khusus. Hanya di biarkan saja dengan memberikan makanan rutin akan berkembangbiak dengan sendiri.. dan tentunya setelah berkembangbiak akan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah hehehe.