Mengenal Jenis - Jenis Tas Laptop yang Aman dan Sesuai Gaya

Diposkan oleh Adi Wijaya , in
Mengenal Jenis-Jenis Tas Laptop yang Aman dan Sesuai Gaya

Menggendong atau menjinjing tas berisi laptop bukan lagi monopoli orang kantoran berdasi di kota-kota besar. Berbagai kalangan dengan latar belakang ekonomi, usia, dan profesi yang berbeda-beda mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, sopir taksi, desainer, sampai sekadar penggemar game komputer kini memperoleh persamaan hak memiliki dan memakai laptop di mana-mana.

Jika kita lihat semakin banyak orang menggunakan laptop di tempat-tempat umum menandakan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap laptop semakin tinggi. Laptop mulai menemukan fungsi semestinya, yaitu sebagai komputer dengan mobilitas tinggi, berpindah-pindah tempat, dan tidak hanya berdiam di atas meja di rumah.

Ini tidak terlepas dari ketersediaan perlengkapan pengaman laptop, termasuk tas laptop yang tidak hanya memberikan proteksi tetapi juga menjadi aksesori pelengkap penampilan. Apakah Anda ingin tampak profesional, trendi, santai, atau muda bergaya, jenis tas laptop yang sesuai bisa dipilih untuk mendukungnya. Sebagai bonus, kebersihan laptop Anda akan lebih terjaga.

Manfaat, Khasiat dan Kegunaan Minyak Nilam

8
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,

Tanaman satu ini umumnya di tanam dan dibudidayakan oleh petani di Indonesia, karena tanaman ini dapat menghasilkan minyak atsiri yang menjadi komoditi ekspor bagi Indonesia ke luar negeri. Indonesia adalah negara penghasil minyak nilam nomor satu dunia. Eksportir minyak nilam Indonesia memasok 70% kebutuhan minyak nilam di dunia. Saat ini, satu kilogram minyak nilam di tingkat petani mencapai Rp 400.000,- per kilogram. Bahkan, salah satu jenis minyak atsiri ini pernah menyentuh Rp 1,2 juta per kilogram dipasar local. Tentu hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi petani Indonesia. Minyak nilam adalah salah satu bahan baku untuk parfum, kosmetik, dan sabun.

Untuk menghasilkan minyak nilam, Nilam dipanen pada usia 7-9 bulan, dan bisa dipanen sekali lagi pada 3-4 bulan selanjutnya. Panen dilakukan pada saat bagian bawahnya menguning. Setelah berusia 3 tahun. Panen harus dilakukan pada pagi atau sore hari, karena kalau siang hari, kandungan minyaknya berkurang. Semua cabangnya digunting, terkecuali satu untuk merangsang penumbuhan cabang baru. Setelah dipanen, hendaknya diekringkan dulu. Daun nilam dihamparkan dalam jemuran dan dibolak-balik, sampai 5-8 jam. Daun yang sudah layu, diangin-anginkan di atas rak bambu. Lama pengeringan adalah 3-4 hari. Setelah kering, baru bisa disuling.

Namun mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia hanya mengetahui bahwa tanaman nilam dapat menghasilkan minyak atsiri yang biasa di gunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum, kosmetik dan sabun saja. Padahal masih ada banyak lagi manfaat dan kegunaan tanaman dan minyak nilam ini. Lalu kira – kira apa saja manfaat dan kegunaan yang lain.. mari kita simak dibawah ini :

Teknik dan Cara Okulasi Pohon Mangga

2
Diposkan oleh Adi Wijaya , in
Pernah mendengar istilah okulasi ? istilah ini kerap digunakan di dunia pertanian. Karena okulasi merupakan teknik buatan untuk menghasilkan tanaman yang lebih baik dan unggul. Mungkin bagi yang sudah belajar biologi pasti sedikit – sedikit sudah mengetahui mengenai okulasi ini, atau mungkin sudah ada yang pernah mempraktekannya. Namun bagi anda yang belum tau mengenai teknik okulasi, berikut penjelasannya.

Okulasi (menempel, budding; red) adalah salah satu teknik perbaikan kualitas tanaman secara vegetatif buatan yang dilakukan dengan menempelkan mata tunas dari tanaman yang unggul ke batang tanaman lainnya. Okulasi bertujuan untuk menggabungkan sifat yang baik dari masing-masing tanaman yang diokulasi sehingga mendapatkan varietas tumbuhan yang baik. Prinsip dasar dari okulasi adalah penempelan atau penggabungan batang bawah dengan batang bagian atas.

Okulasi merupakan kebalikan dari metode cangkok. Jika metode cangkok menguliti batang induk sehingga tumbuh batang atau ranting yang baru. Sedangkan okulasi adalah proses menempelkan mata tunas tanaman induk ke bagian batang tumbuhan.

Lalu bagaimanakah cara mempraktekannya ? sebenarnya untuk beberapa jenis tanaman hampir sama cara kerjanya, namun pada kesempatan kali ini akan dipaparkan  bagaimana cara okulasi pada pohon mangga.

Daun Sirsak Sebagai Antikanker

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in ,

Daun Sirsak Sebagai Obat Antikanker -
Berdasarkan data riset kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan pada 2007 tumor ganas (kanker) penyebab kematian nomor tujuh di Indonesia. Pravalensi tumor ganas berada diurutan keempat setelah stroke, hipertensi, dan diabetes mellitus diantara semua penyakit tidak menular.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) melansir data pada 2008 sebanyak 7,6 juta orang di dunia meninggal karena kanker. Sebanyak 70% kasus kematian kanker terjadi di negara dengan tingkat pendapatan rendah atau menengah. Berdasarkan data pada tahun yang sama kasus kanker utama didunia yaitu : paru – paru, payud4r4, usus besar (Colorectum), lambung, dan prostat. Pada tahun 2005 WHO menempatkan kanker sebagai pembunuh nomor 2 dunia setelah penyakit kardiovaskular. Dari tahun ke tahun kasus kanker terus meningkat.

Pedoman Pengendalian Penyakit Kanker yang dirilis Kementerian Kesehatan pada 2007 meyebutkan faktor penyebab kanker antara lain polusi udara dan air, paparan radiasi, sinar matahari, dan zat kimia, infeksi virus, asap rokok, diet dan makanan, hormonal, perilaku, serta genetik. Beberapa studi menyebutkan konsumsi dalam jumlah besar produk lemak hewan, daging merah, dan lemak jenuh lainnya meningkatkan resiko terjadinya kanker kolon dan payud4r4.

Secara medis kanker diatasi antara lain dengan kemoterapi dan operasi pengangkatan. Data WHO menyebutkan 30% kasus kanker bisa dicegah dengan menerapkan cara hidup sehat dan melakukan imunisasi untuk mencegah infeksi penyebab kanker seperti virus penyebab hepatitis B (HBV) dan human papilloma (HPV) penyebab kanker leher r4him.