Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering


Bagi setiap orang yang memiliki jenis kulit kering akan sangat mengganggu terutama pada penampilannya. Karena dengan memilki jenis kulit yang kering akan membuat seseorang terlihat lebih tua di bandingkan dengan usia yang sebenarnya. Contohnya bila seseorang yang memilki kulit kering berada di bawah terik matahari langsung yang terlalu lama, maka kulitnya akan benar- benar kering dan mudah sekali menghitam. jadi kulit akan terlihat keriput, maka sangat penting bagi kita yang memilki kulit kering untuk selalu memberikan pelembab.

Sebelum kita mengetahui cara mengatasi kulit kering alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui penyebab kulit kering dan kusam. Jika kita sudah mengetahuinnya, maka diharapkan untuk dapat menghindari hal- hal yang dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering dan kusam.

Penyebab Kulit kering, dalam dunia kesehatan kulit kering lebih di kenal dengan gangguan kesehatan pada kulit manusia yang disebut dengan iktiosis. Iktiosis merupakan hilangnya kelembaban pada lapisan epidermis yang dapat mengakibatkan dampak negatif yaitu dengan elastisitas kulit menjadi berkurang. Biasanya pada kulit yang kering akan mengakibatkan gangguan laik pada kulit kita seperti kulit menjadi kusam, kemerahan, lebih sensitif, bahkan menjadi tidak tahan terhadap paparan sinar matahari atau dengan pergantian cuaca.

Perlu anda ketahui bahwa kulit kering dapat disebabkan karena berbagai faktor. Faktor-faktor penyebab kulit kering diantaranya yakni karena faktor keturunan, efek samping obat-obatan, kurangnya asupan air, kurangnya vitamin B2 dan E, paparan sinar matahari, dan masih banyak lagi. Anda dapat mencoba menerapkan beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami berikut ini.

1. Pilih Pelembab yang Tepat

Pelembab kulit dapat anda temukan dengan mudah di toko kecantikan. Apabila anda sudah mencoba memakai pelembab tetapi masih kering cobalah berganti menggunakan produk merk lainnya. Produk pelembab yang paling direkomendasikan yakni pelembab yang berbentuk krim.

2. Gunakan Tabir Surya

Salah satu penyebab kulit kering yakni paparan sinar matahari, oleh sebab itu pastikan anda mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30.

3. Hindari Mandi Air Panas

Apabila anda sering mandi dengan air panas maka mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut karena air panas dapat meluruhkan minyak alami dari sel kulit sehingga dapat mengurangi kelembapan kulit anda.

4. Konsumsi Air Putih

Jika anda sering beraktifitas di ruangan ber-AC sebaiknya memperbanyak konsumsi air putih guna menghindari dehidrasi dan juga kulit kering.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam Secara Alami :

1. Dengan Minyak Zaitun, Telur, dan Lemon

Caranya yakni mencampurkan minyak zaitun secukupnya dengan kuning telur, setelah itu kocok dan berikan beberapa tetes air lemon. Basuh wajah anda terlebih dulu barulah oleskan campurkan tersebut ke seluruh kulit wajah. Diamkan beberapa saat atau hingga mengering sendiri, langkah terakhir yakni bilas dengan air sampai bersih.

2. Masker Alpukat dan Madu

Caranya dengan menghaluskan buah alpukat yang sudah matang lalu mencampurkannya dengan 1 sendok makan madu murni. Setelah tercampur rata kemudian oleskan pada wajah selama 15-30 menit. Langkah terakhir yakni membilas wajah dengan air sampai bersih.

3. Masker Pisang dan Minyak Zaitun

Haluskan satu buah pisang yang sudah matang kemudian berikan 2-3 tetes minyak zaitun. Setelah tercampur rata tinggal oleskan pada wajah anda. Diamkan beberapa saat sampai mengering lalu bersihkan wajah dengan air.

4. Masker Tomat dan Lemon

Pertama belah lemon menjadi dua bagian, peras satu bagian saja dan ambil airnya. Langkah selanjutnya yakni menghaluskan 2 buah tomat segar. Kemudian campurkan air perasan lemon dengan tomat yang sudah dihaluskan. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit barulah bilas wajah dengan air.





3 komentar:

Fajar said...

kulit kering memang membuat tidak nyaman. pada kaki, kadang suka lecet

Berbagai Info said...

kirain pisang hanya utk makanan saja gan, ternyata banyak manfaatnya termasuk buat maskeran, makasih gan!

Unknown said...

Makasih banyak bahan yg sangat bermanfaat U/kesehatan, Amin