Tips dan Cara Mendesain Interior Rumah Agar Lebih Indah dan Nyaman

Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,


Sadar atau tidak, bahwa kondisi/keadaan suatu rumah akan berdampak psikologi atau kejiwaan bagi seseorang yang tinggal didalamnya. Mungkin bisa saja ketika seseorang tidak betah berlama –lama berada di rumah, salah satu faktornya dikarenakan kondisi rumah yang tidak nyaman. Sehingga orang tersebut lebih suka melakukan aktifitas di luar rumah. Walaupun banyak faktor – faktor lain yang mempengaruhi seseorang menjadi betah atau tidaknya tinggal di rumah. Menjadikan rumah yang kita tinggali menjadi nyaman itu hal yang sangat penting.. bayangkan jika kita sendiri saja tidak betah tinggal di rumah. Sedangkan ada  banyak hal yang harus dilakukan di dalam rumah, seperti halnya berkumpul dan berkomunikasi dengan anggota keluarga. Sebab sebagian besar waktu kita pun sudah habis digunakan di luar rumah untuk bekerja. Sehingga waktu berkumpul dengan anggota keluarga dirumah pun menjadi terbatas.  Untuk itu kita perlu memaksimalkan waktu yang terbatas tersebut. Nah mungkin dengan cara mendesain ulang interior rumah anda agar menjadi lebih indah dan nyaman adalah hal yang perlu anda coba sehingga anda dan keluarga betah berada di rumah. Berikut ini tips – tips yang bisa anda coba :

  • Pemilihan Tema Ruangan
    Dengan memilih tema desain untuk rumah akan mempermudah dalam pengonsepan dan penataan ruangan. Bagi anda yang lebih suka dengan desain minimalis, tahap penataan dan pemilihan furnitur akan menjadi lebih mudah. Tema ini bisa menjadi tema per ruangan, atau tema untuk semua ruangan pada desain rumah minimalis. Penentuan tema bisa merupakan tema warna atau jenis furnitur sesuai keinginan penghuni.
  • Singkirkan Benda yang Kurang Fungsional
    Selain tidak berguna, benda yang kurang fungsional dapat membuat rumah menjadi terlihat penuh dan sempit. Oleh karena itu, pastikan hanya furnitur yang bermanfaat saja yang ada di ruangan.
  • Bersihkan Dinding dan Lantai dari Benda yang Tidak Diperlukan
    Sisakan hanya satu atau dua hiasan atau furnitur pada dinding , sehingga dinding dapat terlihat lebih luas. Pastikan juga bahwa di lantai tidak ada barang yang menumpuk atau saling menutupi satu sama lain, karena selain dapat mengurangi nilai estetika barang-barang itu juga dapat menyebabkan ruangan terlihat berantakan.
  • Gunakan Hiasan pada Beberapa Sudut Ruangan
    Walau tidak memiliki fungsi yang berarti, hiasan seperti pot atau vas bunga dapat berfungsi sebagai aksen bagi ruangan di rumah. Pastikan juga hiasan yang dipilih sesuai dengan tema tiap ruangan.
  • Pilih Warna Cat yang Lembut dan Tidak Terlalu Mencolok
    Warna yang lembut akan menimbulkan kesan yang lebih nyaman bagi ruangan. Penggunaan warna yang mencolok dan berani bisa digunakan sebagai aksen, namun usahakan tidak terlalu dominan.
  • Pastikan Kebutuhan Cahaya dan Ventilasi Ruangan Cukup
    Jangan sampai ruangan yang didesain sedemikian indahnya menjadi sesak dan gelap karena kurangnya pencahayaan dan sirkulasi udara. Jangan tutupi ventilasi dan jendela dengan furnitur besar seperti lemari, karena ruangan bisa menjadi kurang nyaman.
  • Gunakan Gudang atau Ruang Penyimpanan
    Dengan menggunakan gudang untuk menyimpan barang-barang yang jarang dipakai, rumah akan menjadi lebih rapi. Penggunaan gudang juga akan membuat barang-barang menjadi tidak berantakan sehingga membuat tiap ruangan di rumah dengan desain minimalis lebih luas dan nyaman dihuni.
Sumber Referensi : http://blog.lazada.co.id/10-tips-desain-interior-rumah-minimalis/

Nah sekian dulu tips dalam mendesain interior rumah agar lebih indah dan nyaman.. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.







Cari Artikel Menarik Lainnya





loading...

Share This Post