Cara Mengatasi dan Menghilangkan Pegal Linu


Cara mengatasi pegal linu
Sering mengalami pegal – pegal ? bagi anda yang memiliki aktifitas fisik yang terlalu tinggi, pegal linu mungkin menjadi hal yang biasa dialami. Hal ini wajar karena tingginya aktifitas memaksa tubuh bekerja lebih ekstra, sehingga otot mengalami kelelahan. Terkadang malah justru aktifitas berat bisa menimbulkan kram. Tapi apakah kita bisa meminimalisir efek pegal tersebut ? sebab jika mereka yang memiliki profesi pekerjaan yang memang menuntut aktifitas fisik yang berat, hal tersebut tentu tidak bisa dielakan. Sebab jika tubuh terlalu dipaksa bekerja secara terus menerus pasti akan menimbulkan efek pegal – pegal. Nah..berikut ini admin sajikan informasi atau tips untuk menghilangkan atau mengurangi rasa pegal tersebut.

Penyebab terjadinya pegal ini adalah karena adanya penumpukan asam laktat dalam tubuh. Asam laktat adalah akibat dari proses perubahan energi yang anaerob yaitu yang tanpa udara (oksigen). Kita tahu bahwa energi itu termasuk energi yang menggerakkan otot-otot kita berasal dari molekul yang sering disebut dengan ATP (adenosin tri fosfat).

Dan sumber energi itu dari glukosa. Pada kegiatan aktifitas yang normal glukosa sebagai sumber energi menggunakan proses aerobik. Nah bila kegiatan kita berlebih dan kebutuhan oksigennya kurang maka akan terjadi proses anaerob. Nah inilah yang menimbulkan penumpukan asam laktat dan dan akan menjadi penyebab pegal .

Nah bila asam laktat ini menumpuk pada pembuluh darah koroner yang mengalami penyempitan maka akan mengakibatkannnya nyeri dada angin pektoris dan bila terjadi pada otot maka itu akan mengakibatkan pegal-pegal.

Sumber : http://askep-net.blogspot.co.id/2012/06/penyebab-badan-pegal.html

Penyebab Timbulnya Pegal Linu

  1. Bekerja yang mengharuskan untuk duduk lebih lama bahkan sambil bekerja di depan monitor selain mata yang dapat merasakan lelah karena terlalu lama memandangi layar monitor tetapi bagian tubuh lainnya juga akan sama seperti mata yang dapat merasakan leleh, seperti kaki, punggung, dan pinggul. Saat kita bekerja dalam posisi duduk maka punggung dan pinggul yang akan menopang seluruh badan terkadang bekerja dengan posisi punggung yang membungkuk maka akan cepat sekali merasakan lelah, selain itu kaki juga akan sering merasakan kesemutan karena terus menerus dengan posisi yang sama.
  2. Bekerja lembur atau samapai begandang membuat tubuh kita dipaksa untuk bekerja setiap saat tanpa istirahat. Tidak hanya bangian punggung, pinggang, dan juga kaki saja yang akan merasakan lelah tetapu leher juga akan merasakan lelah dan juga kaku.
  3. Selain cara kita bekerja yang dapat timbulnya pegal linu, posisi saat kita istirahat atau tidur juga dapat menyebabkan pegal linu juga. Posisi tidur dengan kepala lebih tinggi juga bisa menyebabkan bagian leher merasa pegal karena aliran darah tidak mengalir dengan lancar dan juga bisa menyebabkan kaku.
  4. Sangat jarang melakukan olahraga juga dapat menyebabkan badan pegal linu karena badan tidak pernah diajak untuk bergerak seperti berolahraga sehingga bagian badan semua terasa kaku.
  5. Terlalu lama bekerja di tempat berpendingin, karena di dalam ruangan yang berpendingin tidak adanya cahaya matahari yang masuk sehingga badan tidak menerima hangat dari cahaya matrahari tersebut yang dapat membuat badan terasa kram dan ceoat lelah.
  6. Saat membawa barang bawaan ke tempat kerja usahakan jangan membawa semua barang bawaan diransel jika membawa ransel, jika semua beban dibebankan kepada punggung maka punggung akan terasa cepat lelah dan pegal-pegal.
Cara Mengatasi Pegal Linu

  • Beri waktu sejenak untuk tubuh meregangkan otot agar tidak terlalu kaku yaitu dengan cara berjalan, berdiri, keluar ruangan untuk mencari sinar matahari dan juga perbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang.
  • Istirahat yang cukup, usahakan jangan bekerja sampai begadang dan lembur setiap hari. Tubuh juga butuh waktu untuk istirahat dan membuat otot menjadi rileks. Usahakan minimal tidur 8 jam dalam sehari.
  • Sempatkan berolahraga sebentar walaupun waktu yang dibutuhkan tidak banyak, minimal lakukan pemanasan saat setelah bangun tidur atau dengan jala-jalan ringan dang jogging.
  • Jangan membawa barang bawaan terlalu banyak yang ditopang oleh satu bagian tubuh saja.
Sumber : http://www.sehatcenter.com/lakukan-4-hal-ini-untuk-mengatasi-badan-pegal-linu/

Cara Lain Mengatasi atau Menghilangkan Pegal - Pegal


  • Mengompres dengan Es. Rajin-rajinlah mengompres bagian yang sakit dengan batu es. Awalnya tentu akan terasa dingin dan beku, namun efektif mengurangi rasa nyeri dan bengkak.
  • Bawang Putih. Rempah yang satu ini memiliki zat antiperadangan yang berguna untuk mengatasi arthritis dan rematik. Caranya dengan mengoleskan bawang pada bagian yang terasa sakit.
  • Minyak Cengkeh. Oleskan minyak cengkeh pada bagian tubuh yang nyeri, untuk mengatasi rasa sakit. Sebelumnya, dianjurkan untuk memanaskan minyak terlebih dahulu, tunggu hingga mendingin, lalu dioleskan di tempat yang sakit.
  • Susu. Perangi dan cegah sakit otot dengan kalsium. Minumlah 3 gelas susu per hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.
  • Pisang. Jika penyebab sakit otot Anda adalah kram, makanlah pisang dua buah per hari. Pisang mengandung banyak potasium yang baik untuk mengatasi ketegangan pada otot.
  • Garam Inggris. Rendam kaki Anda dalam larutan garam inggris yang sangat kaya akan magnesium. Selain cepat terserap dalam kulit, berefek cepat unuk mengurangi rasa pegal-pegal dan pembengkakan di kaki.
  • Rosemary. Untuk mengurangi pembengkakan pada sakit otot, gunakan daun rosemary. Daun rosemary segar dan kering mengandung empat antiperadangan yang meredakan sakit pada otot dan mempercepat penyembuhan. Anda bisa mengunakan daun rosemary yang telah dicampur air mendidih sebagai pembilas atau pencuci kaki yang sangat cepat terserap lewat kulit.
  • Peregangan. Perangi kaki pegal dengan melatih otot. Pemanasan dan peregangan yang baik bisa dilakukan dengan jalan kaki selama 20 menit.






0 komentar: