Mitos dan Penjelasan Ilmiah Mengenai Kedutan

0
Diposkan oleh Adi Wijaya , in , ,


Apakah sobat pernah mengalami kedutan ? itu loh seperti ada yang berdenyut-denyut di bagian tubuh tertentu yang datangnya secara tiba-tiba dan sesaat. Umumnya sih terjadi di telapak tangan, mata dan bibir. Kalau bagi admin, kedutan sering terjadi di telapak tangan dan mata. Kedutan sendiri sering dikaitkan dengan suatu pertanda bagi masyarakat Indonesia yang masih mempercayai hal-hal mistis. Misalnya kedutan yang terjadi di telapak tangan, biasanya pertanda akan mendapat rezeki dan kedutan pada mata pertanda bahkan kita tak akan lama lagi akan menangis. Terlepas benar atau tidaknya, sebab belum ada pembuktiannya secara ilmiah. Walaupun terkadang bagi admin pernah terbukti beberapa kali ya karena entah kebetulan atau tidak. Tapi disini admin tidak akan membahas kedutan dari segi mitos melainkan kedutan yang bisa di jelaskan secara ilmiah. Namun bagi anda yang masih penasaran dengan mitos kedutan, admin hanya akan memberikan beberapa infonya saja, berikut mitos seputar kedutan :

Mitos Seputar Kedutan

  1. Kedutan di ubun-ubun kepala – Jika anda mengalami kedutan di ubun-ubun kepala ini merupakan pertanda bahwa akan mendapatkan kebahagiaan atau kesenangan.
  2. Kedutan di kepala sebelah kanan – Kedutan yang terjadi di kepala sebalah kanan ini artinya bahwa anda akan mengalami sakit.
  3. Kedutan di kepala sebelah kiri – Berbahagialah jika anda mengalami kedutan di kepala sebelah kiri karena artinya anda akan mendapatkan kemuliaan.
  4. Kedutan di seluruh kepala – Jika anda mengalami kedutan di seluruh kepala maka anda harus lebih hati-hati karena hal ini mempunyai arti bahwa anda akan melihat hal-hal yang aneh atau anda sudah dekat dengan kematian.
  5. Kedutan di dahi – Kedutan di dahi mempunyai arti yang bagus yaitu seseorang tersebut akan mendapatkan harta kekayaan ataupun akan mendapatka ilmu pengetahuan.
  6. Kedutan di tengkuk – Jika anda mengalami kedutan di tengkuk maka ini adalah merupakan kabar gembira karena artinya anda akan dicintai oleh orang kaya.
  7. Kedutan di alis sebelah kanan – Jika anda mengalami kedutan di alis sebelah kanan maka artinya anda akan mendaptkan kebahagian, tetapi sebelumnya anda akan mengalami kesukaran terlebih dahulu.
  8. Kedutan di alis sebelah kiri – Kedutan yang terjadi di alis sebelah kiri ini mempunyai arti bahwa akan mendapatkan kesenangan hati, akan bertemu dengan keluarga.
  9. Kedutan di kelopak mata kanan – Jika anda seorang pengusaha atau pedagang atau pun bukan, tetapi jika anda mengalami kedutan di kelopak mata kanan maka berbahagialah karena artinya anda akan mendapatkan keuntungan. Keuntungan ini bisa bermakna luas, bisa saja keuntungan dalam hal usaha atau keuntungan mendapat nasib baik atau bejo.
  10. Kedutan di kelopak mata kiri – Jika anda termasuk orang yang sudah berpasangan maka jika anda mengalami kedutan di kelopak mata sebelah kiri anda patut berbahagia karena artinya yaitu anda akan bertemu dengan kekasih anda atau seseorang yang anda cintai bisa pacar atau istri atau suami.
  11. Kedutan dikelopak mata kanan bawah – Jika anda mengalami kedutan di kelopak mata kanan maka artinya anda akan bersedih, jadi anda bisa berhati-hati dengan menjaga perasaan hati anda.
  12. Kedutan dikelopak mata kiri bawah – Jika anda kedutan di kelopak mata kiri bawah artinya sama dengan kedutan di kelopak mata kanan bawah yaitu akan bersedih.
  13. Kedutan di ekor mata kanan sebelah atas – Jika anda sedang sakit dan kedutan di ekor mata sebelah kanan maka artinya anda akan sembuh dari sakit yang sedang dialami.
  14. Kedutan di ekor mata kiri sebelah atas – Kedutan di bagian ini memiliki arti bahwa anda akan bertemu dengan saudara atau keluarga yang jauh.
  15. Kedutan di ekor mata kanan sebelah bawah – Jika kedutan di ekor mata kanan sebelah kanan artinya anda akan bertemu dengan orang yang jauh, bisa jadi kerabat atau taman lama.
  16. Kedutan di ekor mata kiri sebalah bawah – Kedutan di bagian ini mempunyai arti bahwa akan mengalami sakit. Anda dapat lebih berhati-hati daalam menjaga kesehatan agar tidak mengalami sakit beneran.
  17. Kedutan di biji mata kanan – Kedutan di bagian mata ini memiliki arti bahwa akan bersedih
  18. Kedutan di biji mata kiri – Arti dari kedutan di bagian anggota ini adalah akan bersuka hati.
  19. Kedutan di sekujur hidung – Kedutan di sekujur hidung artinya akan mencium seorang kekasih anda.
  20. Kedutan di hidung sebelah kanan – Kedutan di hidung sebalah kanan artinya akan sembuh atau lepas dari penyakit.
  21. Kedutan di hidung sebelah kiri – Jika anda kedutan di hidung sebelah kiri maka artinya adalah cita-cita anda akan tercapai.
  22. Kedutan di pelipis kanan – Kedutan di pelipis kanan ternyata mempunyai arti jelek yaitu akan mendapatkan kesukaran, kematian atau hal lain yang kurang baik.
  23. Kedutan di pelipis kiri – Justru kedutan di pelipis kiri artinya akan mendapat ketenangan hati.
  24. Kedutan di telingan kanan – Kedutan di telinga kanan artinya anda akan mendapat kabar yang baik atau kabar yang menyenangkan hati.
  25. Kedutan di telinga kiri – Kedutan di telinga sebelah kiri artinya akan kedatangan kerabat jauh.
  26. Kedutan di pipi kanan – Jika kedutan di pipi sebelah kanan mempunyai arti bahwa akan mendapatkan umur yang panjang. Anda perlu bersyukur jika benar-benar mendapat umur panjang karena setiap orang belum tentu mendapat kesempatan dari Tuhan untuk mendapat umur panjang. Umur manusia rata-rata hanya mencapai 60 tahun. Jika anda mendapat umur lebih dari umur tersebut bisa dikatakan bahwa selebihnya 60 tahun merupakan bonus.
  27. Kedutan di pipi kiri – Kedutan di pipi sebelah kiri mempunyai arti akan sembuh dari sakit yang sedang dialami atau mendapat kesembuhan.
  28. Kedutan di bibir kanan sebelah atas – Kedutan di bibir kanan sebelah atas artinya akan berantem atau bertengkar mulut.
  29. Kedutan di bibir kiri sebelah atas – Kedutan di bagian ini mempunyai arti bahwa anda akan menjawab suatu pertanyaan dengan perkataan yang baik.
  30. Kedutan di seluruh bibir – Kedutan di seluruh bibir ini mempunyai arti bahwa anda akan mencium kekasih.
  31. Kedutan pada lidah – Jika anda kedutan di lidah maka artinya akan makan enak.
  32. Kedutan di anak lidah – Kedutan di bagian ini artinya bahwa anda akan melakukan hura-hura.
  33. Kedutan di kerongkongan sebelah kanan – Kedutan dibagian ini mempunyai arti bahwa anda akan mendapat kesenangan.
  34. Kedutan di kerongkongan sebelah kiri – Kedutan di bagian ini anda patut berbahagian karena artinya bahwa anda akan mendapat harta atau kekayaan.
  35. Kedutan di leher – Kedutan di bagian ini mempunyai arti bahwa mendapatkan kebajikan.
  36. Kedutan di dagu sebelah kanan – Jika anda mengalami kedutan di bagian ini maka artinya anda akan
  37. Kedutan di dagu sebelah kiri – Kedutan di dagu sebelah kiri artinya akan bertambah ilmu pengetahuan.
  38. Kedutan di bahu kiri – Kedutan di bahu kiri memiliki arti bahwa anda akan mendaptkan hadiah.
  39. Kedutan di bahu kanan – Kedutan di bagian ini artinya akan mendapatkan harta.
  40. Kedutan di belikat kanan – Kedutan di belikat kanan mempunyai arti bahwa akan mendapatkan pakaian baru.
  41. Kedutan di belikat kiri – Kedutan di belikat iri mempunyai arti bahwa akan mendapatkan harta.
  42. Kedutan di hasta kanan – Ketika anda mengalami kedutan di bagian anggota tubuh ini maka artinya yaitu anda akan mendapatkan ketenangan.
  43. Kedutan di hasta kiri – Kedutan di hasta kiri mempunyai arti bahwa anda kan mendapatkan harta.
  44. Kedutan di lengan kanan – Arti dari kedutan di bagian anggota tubuh ini yaitu akan mendapatkan kebaikan.
  45. Kedutan di lengan kiri – Kedutan di lengan kiri artinya yaitu akan mendapat atau menemukan teman baik.
  46. Kedutan di sikut kanan – Kedutan di sikut kanan mempunyai arti bahwa anda akan berkelahi jadi anda harus lebih berhati-hati.
  47. Kedutan di sikut kiri – Kedutan di bagian tubuh ini maka artinya yaitu anda akan mendapatkan sakit, jadi jaga kesehatan anda dengan baik.
  48. Kedutan di telapak tangan kanan – Kedutan di telapak tangan kana mempunyai arti bahwa anda akan mengeluarkan uang. Mengeluarkan uang disini mempunyai banyak arti dan semoga termasuk mengeluarka uang untuk hal yang baik atau bermanfaat.
  49. Kedutan di telapak tangan kiri – Kedutan di telapak tangan kiri mempunyai arti bahwa anda akan menerima uang.
  50. Kedutan disemua jari kanan – Kedutan di bagian anggota ini juga mempunyai arti bahwa akan menerima uang.
  51. Kedutan disemua jari kiri – Kedutan di bagian ini artinya bahwa akan disenangi oleh orang.
  52. Kedutan di ibu jari kanan – Kedutan di bagian anggota tubuh ini mempunyai arti bahwa akan menerima uang dan akan di hormati orang.
  53. Kedutan di ibu jari kiri – Kedutan di bagian ibu jari sebelah kiri memiliki arti bahwa anda akan menjadi kepala pengurus.
  54. Kedutan di telunjuk kanan –Kedutan di bagian ini mempunyai arti bahwa anada kan bertemu dengan anggota keluarga.
  55. Kedutan di telunjuk kiri – Kedutan dibagian ini anda perlu berhati-hati karena memiliki arti bahwa rahasia.
  56. Kedutan di kelingking kanan – Kedutan di kelingking kanan mempunyai arti bahwa akan mendapatkan pujian dari orang.
  57. Kedutan di kelingking kiri – Kedutan di bagian ini memiliki arti bahwa akan mendapat kabar baik.
  58. Kedutan di jari manis kanan – Kedutan di bagian annggota ini mempunyai arti bahwa akan menerima uang dengan senang hati.
  59. Kedutan di jari manis kiri – Jika anda seorang laki-laki bersenang hatilah jika nada mengalami kedutan di bagian anggota badan ini karena memiliki arti yang baik yaitu akan mendapatkan wanita cantik.
  60. Kedutan di payudara bagian kanan – Kedutan di bagian anggota tubuh ini mempunyai arti bahwa anda akan berpeluk-pelukan.
  61. Kedutan di payudara bagian kiri – Kedutan di daerah ini juga mempunyai arti akan berpeluk-pelukan tetapi hal ini akan berpeluk-pelukan dengan wanita.
  62. Kedutan di lambung kanan – Kedutan di bagian anggota tubuh ini mempunyai arti bahwa akan bercinta-cintaan.
  63. Kedutan di lambung kiri – Kedutan di lambung kiri mempunyai arti akan menanggung rindu.
  64. Kedutan di belakang kanan –Kedutaan di bagian ini mempunyai arti bahwa akan bertemu dengan orang alim atau orang yang berilmu.
  65. Kedutan di belakang kiri – Kedutan di bagian ini mempunyai arti akan dimuliakan orang.
  66. Kedutan di dada sebelah kanan – Jika kedutan di bagian ini akan mempunyai arti akan berpeluk-pelukan dengan wanita.
  67. Kedutan di dada sebelah kiri – Kedutan di bagian anggota tubuh ini mempunyai arti bahwa akan mendaptkan kesenangan hati.
  68. Kedutan di perut sebelah kanan – Kedutan di bagian ini mempunyai arti bahwa anda akan mendapatkan uang dengan jumlah yang banyak.
  69. Kedutan di perut sebelah kiri – Kedutan di bagian anggota tubuh ini mempunyai arti bahwa anda akan
  70. Kedutan di pinggang sebelah kanan – Kedutan di bagian anggota tubuh ini memiliki arti bahwa anda akan mendapatakan kebaikan.
  71. Kedutan di pinggang sebelah kiri – Jika anda merupakan pasangan suami istri yang telah berumah tangga patut berbahagia jika mengalami kedutan di bagian anggota tubuh ini karena artinya anda akan mendapatkan anak atau keturunan.
  72. Kedutan di dubur – Kedutan di daerah dubur ternyata memiliki arti baik yaitu anda akan mendapatkan untung.
  73. Kedutan di pusar – Kedutan dibagian anggota tubuh ini memiliki arti bahwa anda akan dapt uang banyak.
  74. Kedutan di tumit kanan – Kedutan di tumit kanan ini memiliki arti bahwa anda akan melakukan bepergian.
  75. Kedutan di tumit kiri – Kedutan di bagian ini memiliki arti bahwa anda akan mendapat hati senang.
  76. Kedutan dipangkal paha kanan – Kedutan pada bagian anggota tubuh ini memiliki arti bahwa ada seseorang yang menaruh cinta pada anda.
  77. Kedutan dipangkal paha kiri – Kedutan di bagian anggota tubuh ini mempunyai arti bahwa akan melakukan bersetubuh dengan seseorang.
  78. Kedutan di kedua pangkal paha – Kedutan di kedua pagkal paha seorang suami harus ekstra berhati-hati karena memiliki arti bahwa istri akan melakukan serong.
  79. Kedutan di paha kanan – Kedutan di anggota bagian ini memiliki arti bahwa akan bertemu dengan keluarga.
  80. Kedutan di paha kiri – Kedutan di bagian ini akan mendapatkan kebaikan atau menerima uang.
  81. Kedutan di lutut kanan – Kedutan di lutu kanan juga mempunyai arti bahwa anda akan menerima uang.
  82. Kedutan di lutut kiri – Kedutan di lutut kiri ini memiliki arti bahwa anda akan menang dalam berkelahi.
  83. Kedutan di betis kanan – Kedutan di bagian anggota tubuh ini mempunyai arti bahwa anda akan melakukan bepergian jauh.
  84. Kedutan dibetis kiri – Kedutan di bagian ini memiliki arti bahwa anda akan mendapatkan kebahagiaan atau kesenangan hati.
  85. Kedutan di pergelangan kaki kanan – Kedutan di bagian ini anda harus berhati-hati karena memiliki arti yang jelek yaitu anda akan mendapat hasutan orang.
  86. Kedutan di pergelangan kaki kiri – Kedutan yang terjadi di pergelangan kaki memiliki arti bahwa akan mendapat kemuliaan.
  87. Kedutan di mata kaki kanan – Kedutan di anggota badan bagian ini memiliki arti bahwa anda akan bertemu dengan orang jauh.
  88. Kedutan di mata kaki kiri – Kedutan di kaki bagian kiri mempunyai arti bahwa akan mendapat kabar baik.
  89. Kedutan di jempol kaki kanan – Jika anda mengalami kedutan pada jempol kaki kanan artinya bahwa akan ada kematian keluarga.
  90. Kedutan di jempol kaki kiri – Jika mengalami kedutan di kaki jempol kiri memiliki arti akan bertemu dengan sahabat.
  91. Kedutan di sikut kanan – Jika anda mengalami kedutan di sikut kanan maka ini memiliki arti bahwa akan merasakan jatuh cinta.
  92. Kedutan di sikut kiri – Kedutan yang terjadi di sikut sebelah kiri memiliki arti bahwa akan bertemu saudara yang jauh.
  93. Kedutan di daun telinga kanan – Kedutan di bagian anggota tubuh ini memiliki arti bahwa akan mendapatkan uang yang tidak terduga.
  94. Kedutan di daun telinga kiri – Kedutan di daerah ini memiliki arti bahwa anda akan mendapatkan kesusahan atau kejadian yang menyakitkan.
Sumber : http://cintalia.com/mitos-dan-fakta/mitos-mata-kedutan

Kedutan dari Segi Ilmiah

Kedutan itu apa ?

Kedutan atau kerdutan adalah sebuah getaran/reaksi pada bagian tertentu di tubuh manusia yang jarang terjadi tetapi bisa terjadi dengan sendirinya tanpa disadari. Kedutan sering muncul atau terasa pada bagian mata, baik itu pada kelopak mata, bawah mata, atau alis mata.

Kedutan menurut ilmu medis/kesehatan

Menurut ilmu kesehatan kedutan adalah kondisi yang disebut fasikulasi. Yaitu gejala yang cukup umum dan dapat mempengaruhi bagian kelopak mata atas atau pun bawah. Kedutan dapat terjadi pada satu atau kedua mata dan bisa terjadi secara spontan dan tidak terkendali.

Dikutip dari everydayhealth.com, sebab dari kedutan tersebut belum bisa dipastikan oleh para dokter, tapi mereka meyakini kedutan terjadi bisa dikarenakan kecapekan atau stres.

Dokter Alberto Martinez, MD, seorang dokter mata di Bethesda dan juga juru bicara American Academy of Ophthalmology mengatakan penyebab kedutan pada mata umumnya karena stres, kurang tidur, dan kelebihan kafein (Terlalu sering mengkonsumsi kopi).

Kedutan pada mata bisa menjadi tanda awal gangguan neurologis seperti blepharospasm (Kejang kelopak mata) atau amyotrophic lateral sclerosis (ALS), biasanya dikenal penyakit Lou Gehrig. Tetapi kasus ini jarang terjadi.

Dr. Karen Wolfe penulis buku ‘Create The Body Your Soul Desires’ berpendapat, mata kedutan bisa jadi tanda bahwa tubuh kita sedang mengalami gangguan ringan.

Dan masih banyak lagi dokter-dokter dan pendapat medis yang mengatakan bahwa kedutan hanya sebuah reaksi yang biasanya terjadi ketika seseorang mengalami kelelahan atau gangguan ringan.

Sumber : http://www.kuliah.info/2015/10/Arti-Kedutan-Dalam-Ilmu-Kesehatan-94-Ramalannya.html

Oke. Sekian dulu pembahasan kita mengenai kedutan ini, semoga informasi yang sudah admin sajikan bisa memberikan manfaat.







Cari Artikel Menarik Lainnya





loading...

Share This Post

0 komentar: