Mitos – Mitos Yang Sangat Di Percayai Masyarakat Indonesia Hingga Saat Ini


Bukan hal yang mengherankan jika masyarkat kita, masyarakat Indonesia sangat mempercayai hal – hal mitos atau berbau mistis. Mungkin hal tersebut dikarenakan nenek moyang kita dulu sebelum masuknya atau adanya agama menganut animisme dan dinamisme. Sehingga walaupun saat ini masyarakat sudah mengenal agama tetap saja kepercayaan – kepercayaan tersebut tetap ada secara turun temurun. Walaupun saat ini hal tersebut mulai berkurang seiring naiknya atau bertambahnya tingkat pendidikan masyarakat. Tapi tetap saja ada beberapa hal mitos yang masih sangat dipercayai oleh masyarakat inidonesia. Jadi jangan heran jika kita sedang melalukan sesuatu atau sedang terjadi sesuatu ada orang yang bilang “eh ga boleh, nanti bla bla bla…” atau “eh jangan, pamali” atau ada lagi “nah kan.. ini pasti karena bla bla bla..” walaupun tak ada bukti secara ilmiah tentang kebenarannya tapi memang terkadang terbukti/terjadi sehingga hingga sampai sekarang masih di pegang teguh oleh masyarakat kita. Tapi bukan berarti admin disini mengajak anda untuk mempercayai hal tersebut, hanya saja ingin memberitahu kepada sahabat pembaca mengenai fenomena kepercayaan tersebut yang terjadi di masyarakat kita. Berikut ini pembahasan tentang mitos – mitos yang sangat dipercayai masyarakat Indonesia yang admin rangkum dari berbagai sumber.

Mitos (bahasa Yunani: μῦθος— mythos) atau mite (bahasa Belanda: mythe) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya. Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Mitos

Mitos – Mitos Yang Dipercayai Masyarakat Indonesia


  • Kalau Makan Tidak Habis, Ayamnya Nanti Mati
    siapa yang suka nggak menghabiskan makanan? nanti ayam kamu mati lho. Buat kamu yang nggak punya ayam, pasti heran dengan mitos ini. Pada dasarnya, mitos ini diciptakan agar seorang anak yang suka dengan hewan peliharaannya mau makan dengan lahap. Lagian, kalo dipikir sekali lagi, hubungan kamu sama ayam apa? Malah kalau menurut admin, dengan menyisahkan makanan justru si ayam akan mendapat jatah makan lebih banyak, karena sisa makanan tersebut tentu akan di buang dan biasanya di makan sama si ayam..  hehehe
  • Jangan Pakai Baju Hijau Ketika di Pantai
    Mitos ini sering muncul ketika seseorang sedang main ke pantai, apalagi pantai selatan. Konon katanya, kalo kamu pakai baju hijau ketika di pantai, kamu bakal celaka digulung ombak pantai. Alasannya simple, Ratu Pantai Selatan suka dengan warna hijau dan nggak suka kalo ada orang lain menggunakan warna tersebut di daerah teritorialnya.
  • Foto Bertiga, Yang Tengah Bakal Meninggal Lebih Cepat
    Waduh, yang ini jangan sampai terjadi deh. Meski demikian, banyak orang yang mengabaikan hal ini dan tetap saja foto bertiga dengan alasan selfie terbaik. Tapi, memang nggak ada hubungannya kok, jadi nggak usah takut. Memangnya takdir ada di tangan tukang foto?
  • Bulu Mata Jatuh Ada Yang Kangen
    Cie cie, bulu matanya jatuh. Pasti ada yang lagi kangen. Buat kamu yang kege’eran dengan ungkapan tersebut, berdoa aja kalo itu benar. Lumayan kan, berarti masih ada yang kangen sama kamu. Bisa jadi itu penggemar rahasia kamu yang diam-diam suka sama kamu.
  • Duduk di Atas Bantal Bakal Bikin Pantat Bisulan
    Ehm, kalo yang ini sih masuk akal kalo memang bantalnya terkontaminasi bakteri-bakteri ganas penyebab bisulan. Lagian, bantal buat kepala kok dipakai buat duduk. Iya kalo kamu tinggal di Jepang, dimana memang disediakan bantal buat duduk.
  • Tidak Boleh Potong Kuku Malam
    Pantangan ini kononnya dianggap tabu bagi masyarakat terutama di indonesia, karena jika pantangan ini dilanggar kita akan mati menjadi batu. Pantangan ini sudah ada sejak zaman dulu , tetapi sekarang tampaknya mitos ini sudah banyak di langgar orang dan terbukuti tidak terjadi apa apa. Menurut saya pantangan ini terlalu ekstrim dalam pengartianya karena tidak mungkin manusia mati menjadi batu apalagi pada zaman sekarang.
  • Bermain Petak Umpet di Malam Hari
    Permainan seru petak umpet mungkin tidak asing di telinga kita. Permainan kuno ini ternyata ada faktor mistis nya juga. Orang dulu percaya Permainan ini tidak boleh dimainkan di malam hari karena akan di sembunyikan oleh setan. Menurut saya ini hanyalah sebuah gertakan orang tua zaman dulu untuk menghentikan anak mereka yang bermain tanpa henti. Permainan ini sekarang tidak berlaku lagi sekarang dan pastinya pantangan tersebut juga perlahan lahan akan ditelan zaman.
  • Cabut Uban Satu, Tumbuh Seribu
    Banyak orang bilang jika mencabut sehelai rambut putih atau uban, maka akan menyebabkan uban tumbuh lebih banyak. Meski kelihatannya benar, namun sebenarnya rambut uban tetap tumbuh mau dicabut atau tidak.
  • Sial Karena Kejatuhan Cicak
    Bagaimana tidak sial jika tengah duduk atau melakukan sebuah kegiatan, dan kemudian ada cicak yang hinggap. Hal itu tentu saja dikategorikan sebagai suatu kesialan.





0 komentar: