Daftar Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang


Kira – kira bagaimana ya jika tubuh kita tak memiliki tulang ? mungkin bakal seperti halnya dengan cacing atau ubur – ubur yang lembek, hehe. Karena seperti yang kita ketahui bahwa fungsi tulang itu sendiri sebagai penyangga tubuh. Itu sebabnya tubuh kita bisa tegap berdiri dan bergerak. Dan bayangkan jika tulang mulai keropos maka gerak tubuh tentu akan terbatas bahkan mungkin tubuh hanya bisa berbaring tanpa bisa berjalan atau sekedar berdiri. Kenapa admin jadi tertarik untuk membahas tulang ? ini disebabkan sudah ada 2 teman admin dan 1 sepupu admin mengalami patah tulang kaki akibat kecelakaan. Dan menyababkan harus di pasang pen untuk pemulihan. Itu pun membutuhkan waktu yang cukup lama minimal 1 tahun. Jadi bisa dibayangkan hampir setahun aktifitas jadi terbatas dan tergantung pada namanya tongkat. Dan dari itulah admin jadi terfikir bahwa begitu pentingnya fungsi tulang pada manusia. Nah terlepas dari masalah kecelakaan, tulang pun mempunyai resiko pengeroposan seiring bertambahnya usia. Maka sebelum hal itu terjadi, baiknya kita lebih bijak untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satu caranya dengan memberi gizi yang cukup untuk tulang ? gizi apa sajakah itu ? nah untuk itulah simak beberapa info dibawah ini mengenai makanan yang baik untuk kesehatan tulang.

Makanan dan Minuman Untuk Kesehatan Tulang

  • Susu
    Susu merupakan salah satu sumber utama kalsium. Sekitar 235 ml susu sapi murni mengandung 300 mg kalsium atau 30% kebutuhan harian orang dewasa. Susu juga mengandung protein dan nutrisi bermanfaat lainnya. Beberapa susu telah difortifikasi dan mendapat tambahan vitamin D.
  • Yogurt
    Sekitar 1 cup yogurt murni tanpa lemak mengandung sekitar 300 mg kalsium atau 30% dari kebutuhn harian Anda, sementara greek yogurt yang kaya protein memiliki kalsium lebih rendah, yakni 20% dari kebutuhan harian. Di dalam yogurt terdapat protein lactoferrin yang baik untuk pertumbuhan dan aktivitas sel pembentuk tulang. Yogurt juga kaya akan zat baik lainnya. Tak hanya itu, yogurt dan keju bisa menjadi alternatif jika Anda memiliki toleransi rendah terhadap laktosa dan tidak bisa mengonsumsi susu.
  • Keju
    Sebagai hasil olahan susu, keju juga banyak mengandung kalsium yang jumlahnya berbeda tergantung proses koagulasinya. Keju yang dikentalkan dengan enzim biasanya memiliki kalsium dua kali lebih tinggi daripada yang dikentalkan dengan asam. Sekitar 100 g keju cheddar memiliki sekitar 721 mg kalsium. Keju juga umumnya diberi tambahan vitamin D, namun jumlahnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.
  • Telur
    Kandungan kalsium dalam telur tidak terlalu tinggi, hanya 5% dari kebutuhan harian. Namun, telur kaya akan vitamin D yang dibutuhkan untuk penyerapan kalsium. USA Office of Dietary Suplement menyatakan bahwa tubuh hanya mampu menyerap 30% kalsium yang terdapat pada makanan, dan apa yang Anda makan bersama sumber kalsium berpengaruh terhadap tingkat penyerapan tersebut.
  • Salmon
    Ikan salmon mengandung kalsium tinggi untuk kekuatan tulang. Sama seperti sarden, salmon kalengan dengan tulang lunak banyak mengandung kalsium dan magnesium. Ditambah lagi, sekitar 100 g salmon memiliki lebih dari 100% kebutuhan vitamin D harian. Salmon juga kaya asam lemak omega-3 yang dapat membantu mencegah pengeroposan tulang pada wanita dan mencegah osteoporosis.
  • Tuna
    Tuna termasuk ikan berminyak seperti sarden dan salmon yang kaya vitamin D. Sekitar 100 g tuna mengandung 154 IU vitamin D atau 20% kebutuhan harian. Vitamin A dan fosfor di dalamnya pun bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi,kulit, serta tulang.
  • Polong - Polongan
    Polong-polongan tidak hanya kaya akan kalsium, tapi juga mengandung magnesium, serat, dan nutrisi lainnya. Susu kedelai biasanya difortifikasi dengan 300 mg kalsium per gelas. Tahu dan produk kedelai lainnya juga memiliki isoflavon yang bisa memperkuat tulang. Akan tetapi, ingat bahwa polong-polongan juga memiliki phytate yang dapat menghalangi penyerapan kalsium oleh tubuh. Anda dapat mengurangi kadar phytate ini dengan merendam polong-polongan di air selama beberapa jam dan memasaknya di air bersih.






3 komentar:

Ibnu Asmara said...

terima asih mas atas infonya, sangat membantu.

keren said...

Informasi yang bermanfaat, terima kasih ilmunya

syuhada said...

Saya biasa minum susu minimal 1 x sehari. Lumayan tulang terasa lebih kuat menopang dan tidak mudah kesemutan.