Cara Mengatasi dan Menghilangkan Ngantuk Yang Berlebihan


Tips dan Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan
Sebenarnya mengantuk adalah hal yang wajar dan memang dialami oleh semua orang. Sebab memang mengantuk itu sebuah mekanisme tubuh sebagai tanda bahwa tubuh butuh istirahat. Hanya saja jika mengantuk di waktu dan tempat yang tidak tepat tentu akan menjadi hal yang sangat mengganggu bahkan bisa menyebabkan hal yang berbahaya. Misal hal yang sering admin alami, yaitu ketika admin sedang bekerja atau sedang kuliah. Disaat admin dituntut untuk segera menyelesaikan pekerjaan dan fokus untuk belajar tiba-tiba matamengantuk dan ingin tertidur. Tentu hal ini akan sangat menganggu, bisa-bisa pekerjaan akan tertunda dan fokus belajar menjadi terganggu. Untuk mengatasirasa kantuk, hal yang paling ampuh yang sering admin lakukan ialah minum kopi dan makan permen rasa mint yang pedas. Dijamin mata akan melek kembali. Mengantuk saat dikantor atau disekolah mungkin tidak akan membuat sesuatu yang membahayakan. Akan tetapi bayangkan jika tiba-tiba mengantuk ketika sedang mengendari motor atau mobil. Pasti akan sangat membahayakan pengendara dan pengguna jalan lain. Tapi tahukah anda apa penyebab ngantuk itu ? dan bagaimana cara mengatasinya ? berikut ini admin bagikan infonya yang admin rangkum dari berbagai sumber :


Penyebab Mudah Mengantuk

1. Terlalu banyak beraktivitas

Salah satu penyebab sering mengantuk dan lemas yang terjadi pada tubuh kita adalah aktivitas yang berlebihan. Ketika melakukan suatu aktivitas secara berlebihan, secara alami tubuh kita akan merasa lelah dan lemas, karena kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan terbakar. Apabila dianalogikan seperti kendaraan bermotor, rasa mengantuk dan juga lemas yang sering muncul tersebut disebabkan oleh bahan bakar kita yang telah habis akibat aktivitas yang berlebihan yang dilakukan.

2. Kekurangan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh

Selain itu, penyebab lainnya dari rasa mengantuk dan juga lemas dapat disebabkan oleh kurangnya asupan kalori dan berbagai macam kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Kekurangan dari kalori dan juga zat gizi ini tentu saja sangat berpengaruh untuk melakukan aktivitas, dan apabila kekurangan kalori dan zat gizi ini terjadi, maka anda akan merasa lemas dan juga mengantuk.
Maka dari itu, untuk mengoptimalkan asupan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

  • Wajib melakukan sarapan atau makan pagi
  • Minum suplemen yang mampu meningkatkan asupan vitamin dan juga zat gizi tubuh
  • Jangan trlalu banyak beraktivitas.
3. Terlalu banyak makan

Tidak hanya kurang makan dan kurang kalori, ternyata fakta dan juga hasil penelitian juga mengatakan apabila anda mengalami kelebihan asupan makanan yang mengandung kalori alias makan berlebihan, malahan akan menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa. Nah, maka dari itu, anda pun juga harus mampu untuk mengontrol asupan kalori yan gmasuk ke dalam tubuh anda, agar anda tidak merasakan ngantuk dan juga lemas dalam beraktivitas.

4. Dehidrasi

Selain urusan asupan kalori, hal lainnya yang dapat menyebabkan sering mengantuk dan juga rasa lemas pada tubuh anda adalah dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu gejala tubuh yang mengalami kekurangan atau defisit cairan, sehingga proses metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak optimal. Selain itu, kondisi tubuh akibat kurang minum juga dapat berakibat pada menurunnya konsentrasi dan fokus. Tentu saja akan membuat anda menjadi sulit untuk melakukan berbagai macam aktivitas anda dengan baik.

5. Menurunnya suplai oksigen ke otak

Suplai oksigen yang menurun merupakan penyebab rasa mengantuk lemas pada tubuh anda. Menurunnya suplai oksigen terutama dapat membuat fungsi dan juga kerja dari otak menjadi tidak optimal, sehingga efeknya adalah dapat menyebakan kantuk dan juga lemas.
Biasanya, kondisi suplai oksigen ke otak yang menurun ini disebabkan karena adanya beberapa penyebab umum. Penyebab umum tersebut antara lain :

  • Dehidrasi
  • Kurangnya asupan gizi di dalam tubuh
  • Sesak nafas
  • Tekanan darah rendah
6. Insomnia, gangguan tidur dan juga kurangnya waktu tidur

Anda pasti juga sdah sering mendengar tentang apa insomnia. Ya. Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur, dimana penderitanya tidak dapat memejamkan matanya untuk tidur pada malam hari karena satu dan lain hal, seperti :

  • Banyak pikiran
  • Bahaya merokok dan minum alkohol
  • Faktor cuaca dan kondisi lingkungan tempat tinggal
  • Adanya penyakit yang mengganggu, seperti demam dan juga penyakit lainnya
  • Bahaya kafein
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa insomnia merupakan salah satu faktor utama penyebab dari rasa lelah, lemas dan juga mengantuk yang dialami oleh seseorang pada keesokan harinya. Selain insomnia beberapa hal yang dapat mempengaruhi rasa kantuk dan juga tubuh yang lemas antara lain :

  • Kurangnya waktu tidur
  • Adanya gangguan tidur, seperti mimpi buruk dan tidur sambil berjalan
7. Anemia

Apabila ke – 6 penyebab sebelumnya dari mengantuk dan juga rasa lemas di dalam tubuh disebabkan oleh kondisi disiologis dan juga lingkungan, maka ada pula penyebab dari dalam tubuh yang dapat menyebakan sering mengantuk dan juga lemas. Hal pertama adalah anemia atau yang sering disebut dengan kekurangan darah. Anemia merupakan suatu penyakit atau kondisi yang memiliki gejala-gejala utama 5 L, yatu Lemah, Lelah, Lemas, Letih dan juga Lesu.
Biasanya anemia disebabkan karena kurangnya zat besi di dalam tubuhm sehingga membuat ondisi tubuh menjadi mudah terasa lemas.

8. Tekanan darah Rendah

Tekanan darah rendah berbeda dengan anemia. Apabila pada anemia, penderitanya mengalami kekurangan darah, maka pada kondisi tekanan darah rendah, penderitanya memiliki tekanan darah yang rendah yang berada di bawah tekanan darah normal.
Ciri-ciri darah rendah ini sangat erat kaitannya dengan suplai darah dan juga berbagai macam nutrisi, termasuk juga oksigen ke berbagai organ tubuh. Hal ini secara langsung dapat mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lemas dan juga mdah merasa mengantuk.

9. Kanker

Mungkin inilah salah satu penyakit yang berbahaya dan juga paling ditakuti. Celakanya, hampir semua kanker menimbulkan gejala lemas pada tubuh. Nah, apabila anda mengami gejala lemas pada tubuh yang sangat sering terjadi dan juga ada rasa askit atau nyeri pada bagian tubuh tertentu. Segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

10. Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan, yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Biasanya diare akan berhubungan langsung dengan kondisi tubuh penderitanya yang mengalami dehidrasi, karena feses yang keluar berupa cairan. Maka dari itu, biasanya penderita diare akan terlihat sangat pucat dan juga mudah merasa lemas.

Sumber : http://halosehat.com/penyakit/gejala/penyebab-sering-mengantuk-dan-lemas

Cara Mengatasi Ngantuk Yang Berlebihan

1. Istirahat Yang Cukup

Cara pertama untuk menghilangkan rasa ngantuk berlebihan tentunya dengan beristirahat cukup pada malam hari. Hindari makanan tinggi karbohidrat menjelang tidur, karena hal ini bisa menganggu proses pencernaan.  Sebaiknya usahakan makan sebelum jam 8 malam. Dan mulailah bersiap-siap tidur maksimal jam 10 malam. Dengan begitu, kualitas tidur dapat terjaga.

2. Berolahraga Ringan

Rasa ngantuk yang datang tiba-tiba, terlebih lagi pada saat bekerja tentu sangalah menganggu. Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba berolahraga ringan seperti jalan-jalan di area kantor, menggerak-gerakan tangan dan kaki, naik turun tangga, push up, lompat-lompat, dan sebagainya.
Lakukan olaharaga tersebut setidaknya selama 30 menit hingga tubuh mengeluarkan keringat. Dengan begitu, asupan oksigen ke dalam tubuh juga akan meningkat dan rasa ngantuk dijamin berkurang.

3. Membasuh Muka

Cara kedua ini sangat umum ya, menghilangkan rasa ngantuk dengan membasuh muka. Meski tampak sepele, nyatanya air cukup ampuh dalam mengusir rasa ngantuk. Tak perlu takut make up luntur, yang terpenting rasa ngantuk bisa hilang dan anda bisa berkeja dengan prima. Untuk urusan make up, anda bisa memakainya kembali setelah mengeringkan wajah.

4. Sarapan Pagi Dengan Makanan Tinggi Protein

Kebiasaan yang satu ini seringkali diabaikan oleh sebagian besar orang. Entah itu karena alasan sibuk, terlambat berkerja, ataupun diet. Padahal sarapan pagi mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya mencegah munculnya rasa ngantuk di siang hari.
Dengan rutin melakukan sarapan pagi, asupan energi tubuh akan terkecukupi sehingga tubuh juga terasa segar. Maka dari itu, sebaiknya sempatkan waktu untuk sarapan dan konsumsilah makanan tinggi protein seperti telur, susu, kacang almond, atau daging dengan diimbangi sayuran dan buah-buahan.

5. Senam Yoga

Selain berolahraga, aktivitas lain yang bisa menghilangkan rasa ngantuk adalah latihan Yoga. Yoga memilki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran, salah satunya melancarkan suplai oksigen ke otak. Dengan begitu, rasa ngantuk tidak akan mudah muncul.

6. Ngemil

Ngemil adalah kegiatan yang digemari oleh kaum wanita. Kebiasaan ini ternyata juga berpotensi dalam menghilangkan ngantuk, karena ketika anda ngemil tubuh melakukan aktivitas (dengan kata lain tidak diam saja). Sehingga rasa ngantuk bisa terlupakan. Tapi yang perlu ditekankan, jangan sembarangan ngemil. Sebaiknya pilih makanan yang rendah kalori dan tidak terlalu manis.

7. Menempelkan Es Batu di Dahi

Cara yang satu ini memang agak repot tapi cukup berpotensi dalam menghilangkan rasa ngantuk, yaitu dengan menempelkan es batu pada dahi. Suhu dingin yang dikeluarkan oleh es batu bisa membantu refleksasi otak dan menyegarkan pikiran. Namun bila anda sedang berada di kantor, sebaiknya beli saja minuman dingin, misalnya jus jeruk. Dijamin deh, rasa ngantuk akan kabur!

8. Duduk tegak

Posisi tengkurap, lesehan di bawah dengan memiringkan tubuh (hampir menyamai posisi tidur) akan membuat anda semakin ngantuk. Jadi cobalah untuk duduk tegak dan tidak membungkung. Selain itu, sesekali ubalah posisi duduk anda, misalnya dengan memiringkan kaki. Cara ini cukup solutif dalam melawan rasa ngantuk ringan.

9. Perbanyak konsumsi air putih

Mengantuk adalah suatu kondisi yang menandakan tubuh kita kekurangan oksigen. Nah, cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air putih, sebab di dalam air putih terkandung oksigen. Dengan demikian, asupan oksigen pun akan tercukupi dan anda bisa lebih berkonstrasi.

10. Minum kopi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kopi sangat manjur dalam menghilangkan rasa ngantuk. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang terdapat didalam kopi. Nah, apabila anda merasakan ngantuk berat, anda bisa mencoba mengonsumsi minuman kopi. Tapi asal jangan berlebihan. Sesekali saja.

11. Dengarkan musik nge-beat

Mendengarkan musik beraliran nge-beat terbukti bisa menghilangkan rasa ngantuk berlebihan. Dentuman nadanya yang naik-turun dan cukup cepat akan memaksa anda turut bergoyang atau setidaknya menggeleng-gelengkan kepala. Dengan begitu, rasa ngantuk pasti akan berkurang.

12. Tarik nafas dalam dan hirup udara segar

Ketika anda mulai merasa lelah dan ngantuk saat jam kerja, usahakan untuk keluar ruangan sebentar. Nikmati pemandangan dedaunan, kemudian tarik nafas dalam-dalam dan hirup udara segar untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Dengan begitu, konsentarasi akan “on” kembali lagi.

Sumber : http://sistasehat.com/cara-menghilangkan-rasa-ngantuk






0 komentar: