Cara Mengatasi Orang – Orang Yang Menyebalkan


Hidup ini memang tak selalu berjalan mulus sesuai dengan apa yang kita ingin kan bahkan kerap kali justru malah sering terjadi yang sebaliknya. Karena memang begitulah hidup, penuh dengan dinamika. Tapi apakah yang sebenarnya yang terjadi ? apakah memang hidup itu yang kejam atau justru sebenarnya hanya karena masalah kita yang tidak siap mengahadapi tantangan hidup. Sadar atau tidak faktor lingkungan akan sangat mempengaruhi bagaimana kita. Dan salah satu faktor lingkungan dalam pembentukan kepribadian kita ialah teman, baik teman main, teman sekolah maupun teman kerja. Walaupun dalam prakteknya, pertemanan itu juga tidak selalu berjalan mulus. Mengingat karakter setiap orang juga sangat berbeda, ada yang mudah tersinggung ada yang suka ceplas-ceplos. Malah terkadang ada saja orang atau teman di lingkungan yang suka membuat kesal entah karena disengaja atau memang karena karekternya yang memang begitu, apakah sobat juga sering menghadapi orang-orang yang seperti itu ? jika benar, maka bagaimana cara kita untuk mengahadapi orang demikian ? (dalam arti bukan di ajak berkelahi ya sobat pembaca, melainnya cara menghadapi agar kita tidak larut dalam hari-hari yang menjengkelkan hanya karena tindakan orang yang menyebalkan itu) nah untuk berikut ini bebrapa tips yang mungkin bisa anda coba dalam menghadapi orang – orang yang menyebalkan.

Tips dan Cara Mengatasi Orang Yang Mengesalkan

  • Jangan Memaksa Diri
    Mungkin kamu berharap bisa selalu menjadi orang yang menyukai semua individu di sekitar. Tapi pada kenyataannya, ada saja orang yang sulit untuk kamu pahami, apalagi sukai. Kalau kamu memaksa untuk menjadi temannya, ujungnya kamu malah tersiksa.
    Calm down. Terimalah kenyataan. Kamu nggak harus menyukai semua orang yang kamu termui. Dan nggak suka sama seseorang, sejauh kamu nggak melakukan hal jahat ke dia, nggak salah kok.
  • Pahami Keadaan
    Alasan kamu nggak suka padanya bisa macam-macam. Belum tentu karena dia memang seseorang yang buruk, jahat, atau tipe-tipe orang negatif lainnya. Bisa saja, kamu hanya kurang nyaman dengannya karena pola pikirnya yang berlainan denganmu.
    Asal kamu tetap bisa berpikir jernih dan mengingat bahwa dia bukan orang jahat, kamu gak akan apa-apa kok.
  • Cari Penyebabnya
    Saat kamu merasa nggak nyaman dengan keberadaan seseorang, cobalah cari tahu sebabnya. Kalau ada sifat-sifat atau kebiasaannya yang nggak cocok denganmu, cari tahu juga kenapa itu semua membuatmu nggak nyaman. Misalnya kamu punya teman yang suka bergosip, dan kamu merasa hobi temanmu itu sangat ‘mengganggu’ bagimu. Kamu bisa cari tahu kenapa hal itu membuatmu nggak suka. Setelah kamu tahu sebabnya, kamu bisa mencari cara untuk menghadapinya. Dengan melihat sendiri ke dalam dirimu, kamu memang nggak bisa membuat temanmu menghentikan hobinya, tapi setidaknya kamu bisa menemukan cara untuk menghadapi saat dia mulai ‘beraksi’.
    Meski nggak suka dengan seseorang itu sudah biasa, jadi nggak biasa kalau kamu sendiri nggak tahu apa alasannya. Kalau kamu benci pada seseorang tapi kamu nggak tahu sebabnya, jangan-jangan itu bukan benci, tapi cinta *eaaakk
  • Ambil Jarak
    Terkadang kita bingung menghadapi orang-orang yang nggak kita suka. Kita tahu manusia berbeda-beda. Tapi kalian benar-benar nggak cocok. Dia nggak mengerti dengan joke yang kamu lontarkan, dan joke yang dia lontarkan juga nggak bisa kamu pahami letak kelucuannya. Dengan orang yang berbeda pandangan mungkin kamu masih bisa berdebat dengan baik. Kadang justru asyik mendapatkan pandangan yang berbeda dengan pandangan kita sebelumnya. Tapi dengannya, kamu bahkan nggak bisa berkomunikasi dengan baik. Hingga akhirnya kamu malas berdebat dan merasa itu buang-buang enerji.
  • Hindari Pembicaraan
    Namanya juga satu kantor dan satu gedung. Bisa jadi malah satu ruangan. Terjebak dalam momen berdua jelas bukan hal luar biasa. Mungkin kamu akan panik saat tinggal berdua dengannya. Diam-diaman rasanya nggak etis, tapi mau ngobrol pun malas. Tenang, hindari pembicaraan dengan cara yang elegan. Kamu bisa memasang headset di telinga, lalu pura-pura sibuk mengerjakan tugas dari atasan. Atau bisa juga kamu menyibukan diri membaca buku.
  • Menyadari Semua Orang Berbeda
    Saat kamu mulai benar-benar kesal, ingatlah lagi bahwa semua orang berbeda. Barangkali kamu punya seperangkat ketentuan untuk begini atau begitu. Mungkin juga kamu merasa bersikap begini lebih baik saat menghadapi sesuatu. Tapi belum tentu semua orang menyetujui hal itu. Kamu nggak bisa memaksa seseorang untuk bertindak dan berpikir sama sepertimu. Mengharapkan hal ini justru akan membuatmu sakit hati saat mendapati yang sebaliknya. Toh dari awal kamu tahu bahwa setiap orang memiliki cara pikir dan pendapatnya masing-masing.
  • Terimalah Keberadaan Mereka
    Kamu boleh nggak suka dengan seseorang karena kamu merasa sikapnya sangat mengganggu. Tapi apakah kamu pernah memikirkan bahwa mungkin saja ada dari sikapmu yang sangat mengganggu bagi orang lain? Bisa jadi ada, tapi mereka bisa memaklumi itu semua selama masih dalam batas kewajaran. Jadi, cobalah terima keberadaan mereka. Ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk dirimu sendiri.
  • Jangan Paksa Orang Lain Untuk Berubah
    Menerima keberadaan orang lain, semenyebalkan apapun mereka, bukan berarti kamu menerima mereka untuk kemudian mengubahnya menjadi yang kamu mau. Menerima keberadaan mereka justru berarti kamu mengubah dirimu sendiri untuk lebih terbuka dan menerima apa-apa yang sebenarnya kurang berkenan di hatimu.
    Karena seringnya kita nggak bisa memilih untuk bertemu dan bekerja dengan orang yang seperti apa, kita harus pandai-pandai membawa diri agar tidak terbawa emosi. Perbedaan itu memang ada, dan nggak masalah. Kamu juga nggak harus menyukai mereka-mereka yang saat ini nggak kamu suka. Yang perlu kamu lakukan hanyalah, menerima keberadaannya.

Sumber : http://www.hipwee.com/tips/10-cara-yang-bisa-kamu-praktikkan-saat-menghadapi-orang-yang-menyebalkan/





0 komentar: