9 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Jantung


Jantung adalah organ yang sangat vital pada tubuh manusia, manusia masih bisa hidup tanpa mata, tanpa tangan, tanpa kaki, ada juga yang masih bisa bertahan hidup hanya dengan satu ginjal. Tapi bagaimana dengan jantung ? apakah manusia bisa hidup tanpa jantung ? tentu hal tersebut tidaklah mungkin. Karena fungsi jantung itu sangat vital pada tubuh manusia, tanpa jantung, darah tidak akan bisa disebarkan keseluruh tubuh karena pada dasarnya jantung memompakan darah keseluruh tubuh, dan ketika darah tidak bisa disebarkan keseluruh tubuh maka seluruh organ tubuh akan kekurangan nutrisi dan oksigen, sebab darah membawa sari-sari makanan dan oksiken serta karbondioksida hasil dari pembakaran didalam tubuh. Jadi ibarat efek domino, ketika jantung tidak berfungsi dengan baik maka organ tubuh lain pun akan mengalami masalah atau ikut tidak berfungsi dengan baik pula. Untuk itulah kita perlu dan harus menjaga kesehatan jantung agar tetap berfungsi dengan baik. Nah berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan jantung akan tetap berfungsi dengan baik.

 Tips Agar Jantung Tetap Sehat
 
  1. Berhenti Merokok
    Seorang perokok aktif akan lebih mudah terkena serangan jantung. Asap pada tokok juga berbahaya bagi kesehatan jantung walaupun Anda tidak merokok, di mana risiko terkena jantung sebesar 30 persen.
  2. Batasi Alkohol
    Semakin sedikit Anda mengonsumsi alkohol maka semakin kecil pula risiko penyakit jantung yang bisa Anda alami. Ganti minuman Anda dengan air putih minimal delapan gelas per hari. Anda juga bisa mengonsumsi jus buah segar tanpa tambahan gula.
  3. Jangan Duduk Terlalu Lama
    Pekerjaan yang membuat anda harus duduk terlalu lama harus di hindari.  Sebab duduk terlalu lama tidak sehat untuk jantung. Sebab, hasil penelitian menunjukkan duduk terlalu lama meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 147 persen. Kemungkinan lainnya adalah kematian akibat penyakit ini juga berlipat ganda. Jadi bisa meningkat kematian hingga 90 persen.
  4. Waspadai Lemak Berbahaya
    Sebagian besar dari kita tidak tahu perbedaan antara berbagai jenis lemak. Padahal terdapat lemak yang bisa membahayakan jantung. Salah satunya lemak trans atau biasa dikenal sebagai lemak tak jenuh. Lemak trans sering didapati pada makanan cepat saji, makanan kemasan dan makanan olahan serta roti. Ini karena lemak tak jenuh  meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh Anda dan mengurangi kolesterol baik. Namun, lemak tak jenuh terkadang dibutuhkan oleh tubuh.Untuk itu mengontrol pola makanan sangat penting untuk kesehatan jantung.
  5. Pertahankan Kebersihan Gigi
    Banyak yang tidak tahu tentang hubungan gigi dengan jantung. Kesehatan gigi berarti mendapatkan kesehatan jantung yang baik. Ini karena faktor risiko penyakit periodontal dan penyakit jantung adalah sama. Gigi yang tidak sehat memiliki bakteri yang menyebabkan penyakit gusi masuk ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan kadar protein C-reaktif yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah Anda.
  6. Tidur Cukup
    Tidurlah dan beristirahat selama tujuh jam. Sebuah studi menunjukkan mereka yang tidur kurang dari enam jam meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular lebih dua kali lipat, termasuk serangan jantung dan stroke. Hal ini karena kurang tidur mengganggu proses biologis dan dapat mempengaruhi tekanan darah dan menurunkan kondisi jantung.
  7. Kontrol Tekanan Darah
    Beberapa orang yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung lebih cepat. Idealnya, jika Anda berusia antara 18 dan 30, Anda harus mendapatkan tekanan darah setiap tiga sampai lima tahun. Jika Anda lebih tua, Anda harus memeriksanya setiap tahun.
  8. Konsumsi Makanan Sehat
    Mengkonsumsi lima porsi buah segar, sayuran, buah kering, kacang-kacangan, dan biji dalam sehari sangat membantu menjaga kesehatan jantung. Semua makanan olahan seperti kue, roti dan roti tepung olahan perlu dihindari  dari  menu makanan Anda, khsususnya minuman yang mengandung gula, seperti soda dan jus kemasan. Hal  pertama yang harus dilakukan adalah berhenti mengkonsumsi karena gula padat tanpa serat buah tidak baik untuk kesehatan jantung
  9. Berolahraga
    Olahrgan merupakan cara yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Anda perlu berolahraga dan bergerak seperti melakukan yoga, menari, berenang, berjalan cepat atau bersepeda bisa jadi alternatif untuk berolahrga.

Sumber referensi : https://lifestyle.sindonews.com/read/1244693/155/10-cara-menjaga-kesehatan-jantung-1506926647




loading...


0 komentar: