Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Ikan Asin Bagi Kesehatan



Pernahkah sobat pembaca bertanya-tanya ? mengapa ikan itu banyak diasinkan ? padahal bukankah ikan segar itu lebih enak untuk dikonsumsi. Pasti banyak dari sobat pembaca akan menjawab “agar ikan lebih awet” mungkin hal ini benar, sebab dengan mengasinkan ikan, ikan akan lebih tahan lama. Namun selain itu adakah alasan lain kenapa ikan diasinkan ? mungkin akan ada juga yang menjawab “untuk menambah cita rasa”. Yups hal ini mungkin ada benarnya juga, bagi sebagain orang sangat menyukai ikan asin, sebab dengan diasinkan akan menambah cita rasa yang berbeda dengan ikan segar. Sebenarnya admin juga suka dengan ikan asin khususnya ikan asin rebus yang rasanya tidak begitu asin, tapi jika dibandingkan ikan segar, admin akan lebih menyukai masakan dari bahan dasar ikan segar. Sebab selain pada rasa, admin juga agak ragu dan waswas ketika akan mengkonsumsi ikan asin. Hal ini dikarenakan banyak para pengolah ikan asin menambahkan pengawet berbahaya pada ikan asin tersebut.

Namun admin jadi penasaran, apakah jika ditinjau dari manfaatnya bagi kesehatan pengolahan ikan segar menjadi ikan asin bisa meningkatkan nilai manfaatnya terhadap kesehatan atau kah justru bisa mengurangi nilai gizi dari ikan segar itu sendiri ? Hal ini menjadi sangat penting diketahui, karena dengan kita mengetahuinya kita akan lebih bijak dalam mengkonsumsinya. Sehingga kita akan bisa memprioritaskan untuk mengkonsumsi ikan asin atau ikan segar. Berikut ini pembahasan terkait ikan asin :

Dari hasil sebuah penelitian tentang studi protein ikan kembung segar dan ikan kembung asin  (Rastrelliger spp) di dapat bahwa kandungan protein pada ikan kembung asin lebih tinggi dibandingkan dengan ikan kembung segar (Rastrelliger spp) dengan nilai kandungan protein ikan segar yaitu 25,32% sedangkan ikan kembung asin 28,73% terjadinya perbedaan kandungan protein ini di sebabkan oleh  suhu, kadar garam,  penangan penyimpanan dan bakteri atau mikroorganisme.
Dari hasil diatas sebenarnya bisa di simpulkan bahwa adanya peningkatan nilai gizi pada ikan yang diasinkan walaupun itu baru uji proteinnya saja sehingga perlu adanya penelitian lanjutan yang secara rinci menghitung perbanding nilai gizi lain sehingga bisa dibuat kesimpulan mana yang lebih bergizi ? ikan segar atau ikan asin. Terlepas dari masalah tersebut admin juga akan memberikan info terkait manfaat dan bahaya mengkonsumsi ikan asin.

Manfaat Ikan Asin Bagi Kesehatan

  • Kesehatan Tulang dan Gigi
    Ikan asin memiliki kandungan manfaat kalsium dan fosfor yang tergolong tinggi. Beberapa fakta menyebutkan bahwa ikan asin kering yang berjumlah 100 gram memiliki kandungan fosfor sebanyak 300 mg dan kandungan kalsium sebanyak 200 mg. fosfor dan kalsium ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi
  • Mempercepat Penyembuhan Luka
    Manfaat ikan asin dapat membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka. Namun mungkin hal ini tidak berlaku apabila anda mengalami hemofilia. Kandungan yang berperan dalam penyembuhan luka pada ikan asin berasal dari manfaat zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gr ikan asin.
  • Mencegah Anemia
    Zat besi yang terkandung di dalam ikan asin juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia merupakan gejala kekurangan darah. Zat besi yang terkandung di dalam ikan asin akan membantu tubuh dalam meproduksi sel darah dan dapat mencegah anemia.
  • Sumber Energi Tubuh
    100 gr ikan asin kering dapat memberikan energi bagi tubuh sebanyak 193 kkal. Hal ini dapat membantu mencukupi kebutuhan energi tubuh dalam satu hari. Terutama bila dikombinasikan dengan bahan makanan lain yang memiliki nilai gizi tinggi.
  • Menjaga Kesehatan Kulit
    Ikan asin memiliki banyak kandungan mineral yang sangat baik bagi kesehtan kulit. Berikut ini adalah beberapa jenis kandungan dari ikan asin yang baik bagi kesehatan kulit anda yaitu manfaat vitamin E, selenium, omega 3 dan asam lemak essensial.

Bahaya Mengkonsumsi Ikan Asin Bagi Kesehatan

  • Kandungan Garam yang Terlalu Tinggi
    Ikan merupakan hewan yang hidup di perairan. Maka tidak bisa sekali tangkapan, harus di makan saat itu juga. Apalagi ini adalah ikan asin, yang mana kandungan garamnya cukup banyak. Mengapa? Karena pada ikan asin, menggunakan Garam untuk mengawetkan secara alami. Sayangnya inilah yang ternyata malah bisa membahayakan kesehatan. Menurut pengakuan dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO, sangat menyarankan untuk memberi batas konsumsi garam. Hanya boleh sampai 5 gram setiap hari. Sedangkan pada ikan asin, ternyata jumlah garam bisa jadi lebih dari itu.
  • Resiko Tinggi Terkena Penyakit Darah Tinggi
    Sudah di jelaskan, bahwa bahaya ikan asin merupakan makanan yang mengandung garam yang tinggi. salah satunya di buktikan dengan model penyimpanan makanan ini menggunakan banyak garam untuk mengawetkannya. Bahkan melebihi target batas normal konsumsi garam. Jika manusia terus menerus mengkonusumsinya, ternyata tidak baik untuk tubuhnya. Salah satunya adalah beresiko terkena penyakit darah tinggi. salah satu penyebab pasien terkana darah tinggi ini adalah memiliki keadaan garam yang tinggi dalam tubuhnya.
  • Beresiko Tinggi Terkena Kanker
    Dalam ikan asin mengandung banyak kandungan garam. Padahal normalnya seseorang hanya boleh sampai 5 gram setiap harinya. Jumlah ini lebih banyak dari porsi ikan asin di awetkan dalam kotak penyimpanan. Sayangnya jika tubuh anda kelebihan proporsi kandungan garam, akan berdampak negatif. Salah satunya adalah resiko terkena kanker. Ini sudah di kupas dalam American Journal of Clinical Nutrition. Kandungan garam yang terlalu banyak akan meningkatkan resiko kanker sebanyak 15%.
  • Resiko Tinggi pada Penyakit Jantung
    Kandungan garam yang banyak dalam ikan asin bukanlah suatu mitos atau hanya spekulasi yang tidak berdasar. Karena memang garam pada makanan ikan asin yang terlalu banyak tidak baik untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk kesehatan jantung anda. menurut penelitian yang di lakukan di Amerika, bahwa kelebihan garam ini bisa meningkatkan resiko penyakit. Bahkan sampai 20% pada masalah jantung anda.

Sumber Referensi :
https://manfaat.co.id/manfaat-ikan-asin
https://halosehat.com/makanan/makanan-berbahaya/bahaya-ikan-asin

Dan yang perlu di waspadai terkait ikan asin ini ialah penggunaan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan seperti formalin. Sehingga jika anda ragu terhadap ikan asin yang dijual dipasaran, anda bisa mengolah ikan asin sendiri di rumah. Sehingga anda tidak perlu takut ikan asin yang anda makan mengandung formalin.




loading...


0 komentar: