Penyebab, Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Ketiak


Ketiak merupakan bagian tubuh yang sangat rawan menimbulkan bau.. bisa di bilang dari beberapa bagian tubuh yang sangat beresiko menimbulkan bau, ialah ketiak. Walaupun sebenarnya beberapa bagian tubuh lain juga berpotensi menimbulkan bau seperti mulut, kaki, dan badan. Namun ketiaklah yang menjadi nomor satu untuk urusan menimbulkan bau.. menurut admin sih, hehehe.. utamanya untuk anda yang memiliki bulu ketiak yang lebat, pasti lebih berpontensi menimbulkan bau ketimbang yang tidak berbulu. Mengapa ya kok bisa menimbulkan bau tak sedap ? apakah keringat yang menyebabkan hal tersebut ? memang bisa dibilang keringat selalu menjadi biang kerok penyebabnya.. walaupun sebenarnya bukan keringat yang menjadi faktor satu-satunya. Umumnya yang menjadi aktor utama penyebab bau ialah bakteri. Walaupun banyak juga yang mengaitkannya dengan masalah makanan yang kita konsumsi. Nah dari pada menjadi abu – abu atau ga jelas, mari kita simak informasi di bawah ini seputar fakta mengenai bauketiak.

Para ilmuwan menemukan bahwa kulit di bagian ketiak manusia merupakan tempat terfavorit bagi bakteri. Dalam penampang kulit seluas satu inci persegi, di ketiak bisa terdapat 516.000 bakteri. ( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ketiak )

Penyebab Timbulnya Bau Pada Ketiak

  • Bakteri
    Hampir seluruh permukaan kulit manusia ditinggali bakteri. Sebagian besar bakteri adalah jenis yang baik yang penting bagi kesehatan kulit. Bakteri dikenal berkembang biak pesat di tempat gelap dan lembab seperti ketiak. Saat terkena keringat, bakteri akan mulai terurai dan mengeluarkan bau.
  • Hormon
    Masa pertumbuhan remaja masih mempunyai efek yang luar biasa sekali. Karena dimana pada masa ini semua organ badan bisa bermasalah, jadi bau ketiak bisa juga disebabkan oleh masih dalam masa puberitas
  • Bawang Putih
    Bawang putih yang di potong-potong untuk dijadikan bahan makanan bisa menyebabkan bau badan. Karena dengan memiliki aroma yang mencekat, sehingga menghasilkan gas sulfur yang keluar dari pori-pori kulit. Inilah memicunya muncul bau badan tersebut.
  • Daging
    Jangan salah jika anda selama ini sering memakan daging yang hanya bisa bermanfaat untuk kekuatan tubuh. Tapi ternyata jika daging tersebut masih mengumpal dipencernaan maka muncullah bau badan yang memicu dari pori-pori anda.
  • Penyakit
    Jika pada bagian di atas anda tidak bermasalah, maka anda mempunyai masalah. Salah satu penyakit yang menyebabkan bau badan adalah diabetes. Pada kondisi ini menyebabkan bau badan yang memiliki ciri khas. Dan ciri-cirinya penyebab ini anda cenderung berkeringat yang terlalu berlebihan dari biasanya atau orang normal.
  • Racun
    Paparan racun tertentu juga dapat membuat seseorang rentan terhadap bau ketiak. Racun yang dilepaskan dari organ-organ tubuh turut dikeluarkan bersama keringat yang kemudian terpapar bakteri sehingga memicu timbulnya bau ketiak

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Bau Ketiak

  • Menggunakan Deodorant
    Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan deodorant memang paling banyak dilakukan karena memang prosesnya instant, namun hasilnya juga tidak bisa permanen. Anda bisa menggunakan produk-produk deodoran yang saat ini banyak tersedia di pasaran. Misal di mini atau super market bahkan di toko pun sekarang sudah banyak tersedia. Pilihlah produk yang berkualitas dan cocok dengan tubuh anda.
  • Memakai Pakaian Bersih
    Salah satu penyebab dari aroma ketiak yang tidak enak adalah karena adanya bakteri serta sel mati yang ada di ketiak. Jagalah dari hal itu misal dengan anda mengenakan pakaian yang bersih dan berbahan katun yang akan membantu kulit anda untuk bisa lebih bernafas.
  • Konsumsi Air Putih Secara Cukup
    Jika anda rajin minum air putih, maka sirkulasi air yang ada di tubuh anda akan lancar. Air putih bermanfaat untuk produksi keringat yang sehat tanpa bau. Bandingkan bau keringat anda jika anda lebih besar porsi meminum air selain air putih. Minumlah air putih dengan cukup paling tidak dalam sehari minimal delapan gelas.
  • Menggunakan Jeruk Nipis
    Caranya sangat mudah, anda potong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu gosokkan pada ketiak anda. Anda juga bisa memanfaatkan air jeruk nipis tersebut, caranya peras beberapa tetes air jeruk dan campur dengan daun sirih, lalu oleskan di bagian yang menimbulkan bau tak sedap akibat keringat.
  • Mandi Teratur
    Mandi adalah cara yang paling dasar untuk menjaga kebersihan badan. Badan yang bersih biasanya bisa mengurangi bau yang sangat. Mandilah sehari 2 kali yaitu pagi dan sore atau ketika pulang kerja atau selesai aktifitas seharian. Beberapa teman saya mengatakan kalo mandi pakai sabun bagian ketiaknya jangan disabunin atau kalaupun disabunin di usap saja sedikit. Karena kalau disabunin dan digosok-gosok malah akan membuat bau ketiak meningkat. Tapi itu belum selesai pembuktiannya. Saat ini saya berasumsi mungkin sabunnya yang tidak cocok dengan badan. Jika Anda ingin mencoba silahkan, nanti beritahu ya hasilnya.
  • Menggunakan Batu Tawas
    Tawas kita kenal sebagai batu yang sering digunakan untuk menjernihkan air yang keruh. Selain itu tawas juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan bau ketiak. Caranya yaitu ambil tawas lalu tumbuk sampai halus kemudian gogokkan pada ketiak, maka bau ketiak akan hilang.  Tawas ini meskipun bahan sintetis tapi AMAN untuk Anda jika dibandingkan deodoran yang mengandung Aluminium Chlorhydraat(AC).
  • Menggunakan Baking Soda
    Ternyata baking soda bukan hanya untuk bahan campuran pembuatan kue saja. Baking soda ini juga dipakai untuk kecantikan lo, seperti untuk mencuci wajah, menghilangkan jerawat, menghaluskan kaki dan lain-lain. Ada juga yang menyarankan untuk cara menghilangkan bau ketiak adalah dengan baking soda. Cara penggunaanya adalah dengan mengoleskan baking soda ke ketiak sebelum anda bepergian.  Mau lebih ampuh lagi ambil empat  sendok makan lalu dicampur dengan sepuluh tetes minyak essential yang anda sukai lalu oleskan sebagai pengganti deodoran. Ini cara menghilangkan bau ketiak yang terkahir.





loading...


0 komentar: