Tips dan Cara Atasi Ngantuk Yang Berlebihan


cara mengatasi mengantuk yang berlebihan
Admin kerap kali mengalami masalah satu ini, malah bisa dibilang ngantuk berlebihan merupakan musuh terbesar admin. Entah karena pola hidup admin yang kurang ideal atau ada gangguan kesehatan tertentu yang membuat admin kerap mengantuk ketika di tempat kerja. Bahkan sebenarnya sejak dari admin masih sekolah dulu, admin kerap mengantuk dan sering menguap di kelas. Apalagi di tambah sekarang admin kerap tidur hingga larut malam yang dikarenakan lembur atau memang sulit tidur atau bahasa kerennya insomnia.. hehe.. biasanya sih untuk mengantisipasi dan mengatasi ngantuk saat bekerja.. admin harus dan kudu wajib ditemani secangkir kopi di kantor. Tapi tentu hal tersebut bila dilakukan dalam jangka waktu yang lama akan tidak sangat baik untuk kesehaan. Sebab, admin bisa menghabiskan 3-4 cangkir kopi dalam sehari. Berawal dari hal tersebut memunculkan rasa penasaran kenapa admin bisa cepat mengantuk di tempat kerja. Sebab jika kita bisa mengetahui penyebabnya, kita bisa melakukan penanganan yang tepat dan sesuai dengan penyebabnya. Dan mudah-mudahan artikel yang admin sajikan kali ini bisa membantu para sobat pembaca mengenai masalah cepat mengantuk ini.

Penyebab Cepat Mengantuk dan Mudah Lemas

Terlalu Banyak Beraktivitas

Salah satu penyebab sering mengantuk dan lemas yang terjadi pada tubuh kita adalah aktivitas yang berlebihan. Ketika melakukan suatu aktivitas secara berlebihan, secara alami tubuh kita akan merasa lelah dan lemas, karena kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan terbakar. Apabila dianalogikan seperti kendaraan bermotor, rasa mengantuk dan juga lemas yang sering muncul tersebut disebabkan oleh bahan bakar kita yang telah habis akibat aktivitas yang berlebihan yang dilakukan.

Kekurangan Kalori dan Juga Zat Gizi di Dalam Tubuh

Selain itu, penyebab lainnya dari rasa mengantuk dan juga lemas dapat disebabkan oleh kurangnya asupan kalori dan berbagai macam kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Kekurangan dari kalori dan juga zat gizi ini tentu saja sangat berpengaruh untuk melakukan aktivitas, dan apabila kekurangan kalori dan zat gizi ini terjadi, maka anda akan merasa lemas dan juga mengantuk.

Maka dari itu, untuk mengoptimalkan asupan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

  • Wajib melakukan sarapan atau makan pagi
  • Minum suplemen yang mampu meningkatkan asupan vitamin dan juga zat gizi tubuh
  • Jangan terlalu banyak beraktivitas.
Terlalu Banyak Makan

Tidak hanya kurang makan dan kurang kalori, ternyata fakta dan juga hasil penelitian juga mengatakan apabila anda mengalami kelebihan asupan makanan yang mengandung kalori alias makan berlebihan, malahan akan menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa. Nah, maka dari itu, anda pun juga harus mampu untuk mengontrol asupan kalori yan gmasuk ke dalam tubuh anda, agar anda tidak merasakan ngantuk dan juga lemas dalam beraktivitas.

Dehidrasi

Selain urusan asupan kalori, hal lainnya yang dapat menyebabkan sering mengantuk dan juga rasa lemas pada tubuh anda adalah dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu gejala tubuh yang mengalami kekurangan atau defisit cairan, sehingga proses metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak optimal. Selain itu, kondisi tubuh akibat kurang minum juga dapat berakibat pada menurunnya konsentrasi dan fokus. Tentu saja akan membuat anda menjadi sulit untuk melakukan berbagai macam aktivitas anda dengan baik.

Menurunnya Suplai Oksigen ke Otak

Suplai oksigen yang menurun merupakan penyebab rasa mengantuk lemas pada tubuh anda. Menurunnya suplai oksigen terutama dapat membuat fungsi dan juga kerja dari otak menjadi tidak optimal, sehingga efeknya adalah dapat menyebakan kantuk dan juga lemas.

Biasanya, kondisi suplai oksigen ke otak yang menurun ini disebabkan karena adanya beberapa penyebab umum. Penyebab umum tersebut antara lain :

  • Dehidrasi
  • Kurangnya asupan gizi di dalam tubuh
  • Sesak nafas
  • Tekanan darah rendah
Insomnia, Gangguan Tidur dan Juga Kurangnya Waktu Tidur

Anda pasti juga sdah sering mendengar tentang apa insomnia. Ya. Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur, dimana penderitanya tidak dapat memejamkan matanya untuk tidur pada malam hari karena satu dan lain hal, seperti :

  • Banyak pikiran
  • Bahaya merokok dan minum alkohol
  • Faktor cuaca dan kondisi lingkungan tempat tinggal
  • Adanya penyakit yang mengganggu, seperti demam dan juga penyakit lainnya
  • Bahaya kafein
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa insomnia merupakan salah satu faktor utama penyebab dari rasa lelah, lemas dan juga mengantuk yang dialami oleh seseorang pada keesokan harinya. Selain insomnia beberapa hal yang dapat mempengaruhi rasa kantuk dan juga tubuh yang lemas antara lain :

  • Kurangnya waktu tidur
  • Adanya gangguan tidur, seperti mimpi buruk dan tidur sambil berjalan
Anemia

Apabila ke – 6 penyebab sebelumnya dari mengantuk dan juga rasa lemas di dalam tubuh disebabkan oleh kondisi disiologis dan juga lingkungan, maka ada pula penyebab dari dalam tubuh yang dapat menyebakan sering mengantuk dan juga lemas. Hal pertama adalah anemia atau yang sering disebut dengan kekurangan darah. Anemia merupakan suatu penyakit atau kondisi yang memiliki gejala-gejala utama 5 L, yatu Lemah, Lelah, Lemas, Letih dan juga Lesu.
Biasanya anemia disebabkan karena kurangnya zat besi di dalam tubuhm sehingga membuat ondisi tubuh menjadi mudah terasa lemas.

Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah berbeda dengan anemia. Apabila pada anemia, penderitanya mengalami kekurangan darah, maka pada kondisi tekanan darah rendah, penderitanya memiliki tekanan darah yang rendah yang berada di bawah tekanan darah normal.

Ciri-ciri darah rendah ini sangat erat kaitannya dengan suplai darah dan juga berbagai macam nutrisi, termasuk juga oksigen ke berbagai organ tubuh. Hal ini secara langsung dapat mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lemas dan juga mdah merasa mengantuk.

Kanker

Mungkin inilah salah satu penyakit yang berbahaya dan juga paling ditakuti. Celakanya, hampir semua kanker menimbulkan gejala lemas pada tubuh. Nah, apabila anda mengami gejala lemas pada tubuh yang sangat sering terjadi dan juga ada rasa askit atau nyeri pada bagian tubuh tertentu. Segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan, yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Biasanya diare akan berhubungan langsung dengan kondisi tubuh penderitanya yang mengalami dehidrasi, karena feses yang keluar berupa cairan. Maka dari itu, biasanya penderita diare akan terlihat sangat pucat dan juga mudah merasa lemas.

Kurang Mengkonsumsi Zat Besi

Kepala Nutrisi Healthspan Rob Hobson mengatakan: “Sertakan banyak makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, sayuran hijau tua, kacang-kacangan dan buah-buahan kering, dan pasangan mereka dengan makanan seperti buah jeruk kaya akan vitamin C.” Ini akan menjadikan tidak mudah mengantuk.

Penyakit Jantung

Ketika jantung anda mulai kurang baik bekerja dalam bekerja, anda akan mudah sekali merasa lelah. hal ini bisa saja menjadi penyebab mengantuk berlebihan. ketika anda tidak mengalami gejala penyebab mengantuk berlebihan yang lain sebaiknya perisakan kesehatan jantung anda.

Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya kita memastikan bahwa jantung dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.

Hipotiroid (Menurunnya Produksi Hormon Tiroid)

Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.

Pre-Diabetes

Ngantuk terus-menerus bisa jadi merupakan salah satu gejala prediabetes. Setelah makan, tubuh mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah gejala prediabetes, seperti mudah haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes bisa menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya, jalani dulu pemeriksaan darah.

Kurang Olahraga

Satu penelitian di University of Georgia menemukan, responden yang berolahraga ringan 20 menit, tiga hari dalam seminggu, dilaporkan tidak mudah mengantuk enam minggu kemudian.

Sementara, menurut dr. Michael Triangto SpKO, spesialis kedokteran olahraga dari Slim+ Health Sport Therapy, mudah mengantuk atau tubuh seperti kurang berenergi bisa disebabkan karena kurang berolahraga. Sebaiknya jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

Berikan jarak minimal tiga jam antara olahraga dan waktu tidur. Pasalnya, begitu selesai berolahraga, tubuh memproduksi adrenalin yang membuat kita sulit tidur. Setelah beberapa lama,adrenalin menurun, tubuh akan relaks dan mudah tidur.

Sindrom Kelelahan Kronis

Lelah biasanya segera hilang saat dibawa istirahat. Tapi untuk sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome), lelah tidak cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori.

Sumber :
http://halosehat.com/penyakit/gejala/penyebab-sering-mengantuk-dan-lemas
http://www.gulalives.co/2016/03/29/penyebab-mudah-ngantuk/

Cara Menghilangkan dan Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan

Minum Segelas Air Putih

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran. Ini dapat membuat anda segar kembali karena cairan dalam tubuh anda kembali normal. Usahakan untuk minum air putih murni 8 gelas perhari.

Cuci Muka

Ini juga salah satu cara yang paling efektif dan mungkin anda juga sering melakukannya. Untuk lebih efektif lagi, cobalah mencuci muka anda dengan air dingin.

Minum Kopi atau Teh

Teh ataupun Kopi terbukti dapat menghilangkan kantuk karena mengandu zat kafein yang dapat menstimulus otak anda kembali segar. Tapi ingat, jangan terlalu banyak meminum kopi karena terlalu banyak minum kopi dapat berimplikasi ke berbagai macam penyakit lainnya, terutama lambung.

Istirahat Sejenak

Ketika anda sedang bekerja atau belajar, cobalah untuk beristirahat sejenak. Cara yang paling dengan beristirahat adalah melakukan senam-senam pemanasan seperti meregangkan tangan, kaki, pinggang, ataupun menggoyang-goyangkan kepala anda.

Tarik Nafas

Menurut penelitian, ketika anda menguap berarti kadar oksigen dalam otak anda sedang berkurang. Karena meguap juga merupakan salah satu ciri anda sedang mengantuk. Untuk mengatasinya, coballah tarik nafas dalam-dalam tahan sekitar 5 detik kemudian hembuskan selama 5 detik, lakukan ini beberapa kali sampai membuat anda merasa segar kembali.

Usahakan Ruang Terang

Ketika ruangan kerja atau belajar anda terang, otak anda akan merespon lebih dan membuat mata anda tak merasa mnegantuk. Untuk itu, usahakan meja kerja atau belajar anda dekat dengan sumber cahaya seperti kaca ataupun lampu.

Mengobrol

Ketika anda sedang mengobrol, otak anda akan merasa lebih segar karena telah melakukan kegiatan dalam pikiran anda. Tapi jangan sampai mengobrol di depan Si Bos atau Guru anda, bisa-bisa anda malah dimarahi.

Olahraga

Hasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

Stimulasikan Pikiran

Pekerjaan monoton sama berbahayanya karena mengurangi waktu tidur dan menurunkan kewaspadaan. coba lakukan kegiatan yang berbeda, atau kegiatan yang lebih menarik.

Dengarkan Musik.

Biasanya banyak tempat kerja yang menyediakan loudspeaker besar agar musik dan lagu yang diputar didengar karyawannya. Ini membantu mengaktifan otak dan mengusir rasa kantuk.

Ngemil dan Mengunyah Permen

Cara lain mengusir kantuk adalah dengan mengemil makanan ringan seperti keripik pedas, kacang, serta cemilan lain. Jangan makanan berat seperti nasi, lontong dan sebangsanya yak arena makanan berat malah menambah rasa kantuk makin menjadi-jadi. Di samping itu, menguyah permen juga membantu mengusir rasa kantuk. Banyak permen pengusir rasa kantuk seperti Kopiko, serta permen lain juga boleh. Permen karet dan kesibukan mengunyah karet juga membantu rasa kantuk lekas hilang. Bagi Sobat yang kebetulan guru sekolah atau dosen, tolong izinin siswa atau mahasiswa menguyah permen di kelas ya karena membantu mengusir rasa kantuk hilang dan tidak mengurangi konsentrasi belajar.

Tidur

Ini adalah terampuh dari segala obat dari rasa kantuk. Bila rasa kantuk sudah tidak bisa diobati dengan obat apapun, itu artinya tubuh, mata, jiwa dan seluruh raga dan jiwa butuh istirahat total. Luangkan waktu 15-25 menit untuk tidur (istirahat) sejenak. Bila tidak bisa, minta izin kepada atasan, guru, dosen untuk pulang istirahat. Karena banyak kecelakaan terjadi karena orang memaksakan diri bekerja di saat mengantuk berat. Biarlah bolos sehari atau beresiko ditegur atasan gara-gara tidak masuk sehari untuk tidur istirahat, asal tidak rugi terkena kecelakaan ya Sobat. Maklum, manusia pada dasarnya punya rasa lelah, capek dan punya hak untuk istirahat dan tidur. Jadi, jangan terlalu dipaksakan ya.

Sumber :
http://tips-cara.info/obat-menghilangkan-mengatasi-ngantuk-saat-kerja/
http://wartamedika.com/cara-mengatasi-ngantuk/

Nah, gimana sobat ? semoga tips – tips di atas dapat membantu anda untuk mengurangi dan menghilangkan ngantuk yang berlebihan.






1 komentar:

Siti R said...

Halo,
Perkenalkan, Nama saya siti
Saya adalah manager development dari ForexMart, Kami melihat website anda dan kami ingin mendiskusikan kerjasama kemitraan dengan Anda.
Boleh saya minta kontaknya untuk menjelaskan lebih lanjut atau anda bisa langsung menghubungi saya ke kontak saya dibawah ini.

Sincerely
Siti
Business Development
www.forexmart.com
siti@forexmart.com
Skype – siti_0623
WA - +62 821-1275-7858