Manfaat Makanan Fermentasi Bagi Kesehatan



Membahas mengenai makanan fermentasi yang sebelumnya sudah admin bahas pada postingan sebelumnya yaitu Kimchi, bagi yang belum baca bisa klik disini 7 Manfaatdan Khasiat Kimchi Bagi Kesehatan. Nah dari pembahasan sebelumnya sepertinya sangat menarik jika kita bahas mengenai makanan fermentasi ini secara mendalam, kenapa menjadi sangat menarik, sebab seperti yang kita ketahui bahwa sebenarnya kimchi sendiri itu merupakan fermentasi dari sayuran sawi atau lobak yang sebenarnya kandungan gizinya tidak jauh dari sayuran lain. Akan tetapi setelah melalui proses fermentasi, si sawi dan lobak ini di nobatkan menjadi makanan tersehat didunia. Ini berarti bahwa proses fermentasi memiliki peran penting didalam dunia kesehatan. Karena tidak hanya sawi dan lobak saja yang di fermentasi, Kedelai (Tempe), Durian (Tempoyak), Ketan (Tape) dan Susu (Yogurt) pun bisa di fermentasi dan hasilnya ternyata memiliki manfaat yang sangat tinggi terhadap kesehatan. Jadi apa yang sebenarnya terjadi di dalam proses fermentasi tersebut sehingga bisa menghasilkan makanan yang sehat. Untuk itu mari kita simak info mengenai apa itu fermentasi dan manfaat apa saja dari makanan berfermentasi :

Fermentasi dalam pemrosesan bahan pangan adalah pengubahan karbohidrat menjadi alkohol dan karbon dioksida atau asam amino organik menggunakan ragi, bakteri, fungi atau kombinasi dari ketiganya di bawah kondisi anaerobik. Perilaku mikroorganisme terhadap makanan dapat menghasilkan dampak positif maupun negatif, dan fermentasi makanan biasanya mengacu pada dampak positifnya.

Setidaknya ada lima manfaat fermentasi:

  • Memperkaya variasi makanan dengan mengubah aroma, rasa, dan tekstur makanan
  • Mengawetkan makanan dengan menghasilkan sejumlah asam laktat, alkohol, dan asam asetat dalam jumlah yang signifikan
  • Memperkaya nutrisi makanan dengan menambahkan sejumlah protein, asam amino, serta vitamin
  • Mengeliminasi senyawa anti nutrien
  • Mengurangi waktu dan sumber daya yang diperlukan dalam memproses makanan

Sumber referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Fermentasi_(makanan)

Selain itu manfaat makanan berfermentasi lainnya adalah


  • Makanan Bisa Bertahan Lebih Lama
    Fermentasi adalah cara tradisional dalam mengawetkan makanan. Didaerah tertentu seperti Afrika, fermentasi makanan yang mereka kumpulkan bisa menyelamatkan ketika datang masa kekurangan pangan.
  • Makanan Lebih Mudah Dicerna
    Terlepas dari mengawetkan makanan, fermentasi bisa meningkatkan rasa dari gula yang terkonversi menjadi asam. bahkan, fermentasi membuat biji-bijian bisa lebih mudah dicerna usus. Produk fermentasi seringkali juga menjadi lebih tinggi mengandung vitamin terutama vitamin B seperti tiamin, asam nikotinat, biotin dan riboflavin, dan protein.
  • Menetralisir Racun Dalam Makanan
    Fermentasi akan mengurangi tingkat kandungan racun/toksisitas dari makanan tertentu, karena mendorong terbentuknya bakteri yang memecah produk makanan berbahaya menjadi aman untuk dikonsumsi.
  • Meningkatkan Kandungan Nutrisi
    Salah satu hasil penting memfermentasi makanan adalah meningkatkan kandungan nutrisinya. Hal ini akan membuat makanan menjadi lebih tinggi kadar asam amino esensial, vitamin, mineral dan senyawa bioaktif, contohnya tiamin dan riboflavin akan meningkat selama fermentasi.
  • Menghilangkan Intoleransi Laktosa Susu
    Banyak orang yang menderita intoleransi laktosa atau malabsorpsi laktosa, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan laktosa(karbohidrat utama dalam susu), tidak sepenuhnya bisa dicerna. Mikroorganisme yang digunakan dalam pembuatan yoghurt dan dadih banyak Beta-D-galaktosidase, yaitu enzim yang diduga membantu meringankan gejala malabsorpsi laktosa. Yoghurt adalah contoh fermentasi susu yang kental yang dapat membantu mengurangi gejala intoleransi laktosa.
  • Mengandung Probiotik
    Makanan difermentasi mengandung tinggi pro-biotik atau mikroorganisme yang menguntungkan, yang berperan terhadap sistem kekebalan tubuh yang sehat. Probiotik sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan mikroorganisme dalam usus, sehingga pencernaan bisa berjalan sehat dan bebas dari sembelit, serta risiko penyakit infeksi seperti typus dan diare.

Sumber Referensi : http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-kesehatan-makanan-fermentasi.html




loading...


0 komentar: